Jangan Hanya Karena Beda Kaos, Terjadi Keributan

  • Whatsapp
Pembinaan RT/RW se Kelurahan Sempusari oleh Muspika Kecamatan Kaliwates di Pendopo Kantor Kelurahan Sempusari, Jalan Hayam Wuruk, Kamis (27/02/2019).
Pembinaan RT/RW se Kelurahan Sempusari oleh Muspika Kecamatan Kaliwates di Pendopo Kantor Kelurahan Sempusari, Jalan Hayam Wuruk, Kamis (27/02/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Menjelang hari H pelaksanaan pilpres dan pileg 2019, semua pihak sebaiknya bisa menjaga diri. Seluruh elemen masyarakat hendaknya juga selalu menjaga kekompakan dan keamanan daerah masing-masing.

Demikian disampaikan Komandan Koramil Kaliwates, Kapten Hosnan, pada acara pembinaan RT/RW se Kelurahan Sempusari oleh Muspika Kecamatan Kaliwates yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Kelurahan Sempusari, Jalan Hayam Wuruk, Kamis (27/02/2019). “Mari mulai sekarang kita antisipasi jangan sampai di wilayah kita ada hal yang tidak kita inginkan. Hanya berbeda kaos saja terjadi keributan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Kaliwates  Kompol Supadi SH, juga mengajak seluruh ketua RT/RW untuk menjaga situasi tetap kondusif menjelang Pemilu 2019. Meskipun berbeda pilihan masyarakat diminta untuk tetap rukun.

“Apabila di masyarakat ada permasalahan, jangan main hakim sendiri. Saya mengharapkan masyarakat untuk melapor kepada pihak Kepolisian atau tiga  pilar (Koramil, Polsek atau Kecamatan),” imbau Kapolsek Supadi.

Supadi juga mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali sistim keamanan lingkungan (Siskamling). Karena dengan siskamling, kerjasama menjaga keamanan lingkungan di wilayahnya bisa dilakukan bersama.

Sehingga masyarakat bisa tenang dan aman, sebab para RT/RW yang lebih tahu tentang masyarakatnya. “Kita jaga lingkungan kita, jaga kekompakan, kerukunan dan keamanan. Kita boleh beda kaosnya, beda pilihannya. Dengan  berbeda, kita semakin berwarna, tentunya semakin indah,” ucapnya.

Camat Kaliwates, Gatot Triono ST, M.Si, pada acara itu mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, mengingat saat ini musim penghujan. “Jangan ada air menggenang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk di lingkungan kita,” ujarnya.

Menjaga kebersihan lingkungan sendiri, menurut camat, bisa dilakukan dengan cara menghidupkan kembali kerja bakti. Karena hanya dengan kerja bakti, pekerjaan berat akan menjadi ringan. “Mari kita hidupkan gotong royong di wilayah kita masing masing,” ajak Camat Kaliwates. (Junet).