Seleksi MTQ, Bukan Soal Kemenangan, Tetapi Cinta Terhadap Al-Quran Harus Tertanam

  • Whatsapp
Wakil Bupati Jember, Drs KH A Muqit Arief, dalam acara pembukaan seleksi Calon Khafilah MTQ Kabupaten Jember di Badan Diklat Kompleks GOR Kaliwates, Sabtu, (2/3/2019).
Wakil Bupati Jember, Drs KH A Muqit Arief, dalam acara pembukaan seleksi Calon Khafilah MTQ Kabupaten Jember di Badan Diklat Kompleks GOR Kaliwates, Sabtu, (2/3/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Wakil Bupati Jember. Drs. A. Muqit Arief meminta kepada seluruh peserta seleksi calon kalifah MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran), tidak hanya berpikir tentang kemenangan. Karena yang lebih penting lagi menurut wabup, bagaimana rasa cinta terhadap Al Quran benar-benar tertanam.

“Masuk seleksi atau tidak, dan bukan soal kemenangan, tetapi cinta terhadap Al-Quran harus benar-benar tertanam,” pesan Wabup Muqit Arief, dalam sambutannya pada pembukaan seleksi Calon Khafilah MTQ Kabupaten Jember di Badan Diklat Kompleks GOR Kaliwates, Sabtu, (2/3/2019).

Seleksi calon Kafilah MTQ Kabupaten Jember itu, sebagai persiapan keikutsertaan Kafilah Kabupaten Jember pada MTQ tingkat provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Kabupaten Tuban. Kegiatan seleksi untuk menjaring peserta terbaik itu, harap wabup, harus dilaksanakan seobyektif mungkin. “Dengan seleksi yang objektif dan selektif akan terpilih calon-calon pemenang,” kata Wabup.

Wabup meminta, kedepannya, potensi pembinaan atau seleksi seperti itu, dapat dimulai dari tingkat desa, kecamatan dan di pesantren-pesantren. “Agar santri-santri pesantren ada gairah untuk ikut kegiatan seperti ini,” ungkap Wabup Muqit Arief.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mengungkapkan keinginan para peserta seleksi Kafilah MTQ yang ingin mendapatkan beasiswa, apabila meraih juara. Untuk hal ini, Wabup menyatakan akan berkoordinasi dengan Bupati Jember dr Hj Faida MMR.,

Sementara Kabag Binamental Setda Kabupaten Jember Bambang Saputro SH, MM,. melaporkan, tujuan dari pelaksanaan seleksi Kafilah MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) yakni agar tercipta suasana kehidupan Qur’ani yang memperoleh perhatian dari seluruh masyarakat di Kabupaten Jember.

Kegiatan ini juga sebagai ajang seleksi dan penjaringan Qori atau Qoriah, Hafidz atau Hafidzah Kabupaten Jember sebagai persiapan keikutsertaan Kafilah Kabupaten Jember pada MTQ tingkat provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Kabupaten Tuban.

Seleksi dan pembinaan Kafilah MTQ tahun 2019 di Kabupaten Jember kali ini dilaksanakan tanggal 2-3 maret 2019, diikuti 118 peserta, “Hingga nanti terpilih Kafilah Kabupaten Jember yang akan mengikuti tahap pembinaan selanjutnya,” terangnya. (*)