Konser Kebangsaan, Dari Jember untuk Indonesia

Gala Dinner bersama Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, yang dihadiri Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI, M Rohanuddin, di Pendopo Wahya Wibawa Graha, Jumat (26/4/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Konser Kebangsaan ke-11 tahun 2019. Dari kota ini akan dikumandangkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Merah putih, satu kesatuan dikumandangkan dari Jember untuk Indonesia,” tutur M Rohanuddin, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI, dalam acara Gala Dinner bersama Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, di Pendopo Wahya Wibawa Graha, Jumat (26/4/2019).

Bacaan Lainnya

Konser Kebangsaan bertajuk “Damai Negeri untuk Ibu Pertiwi” itu, akan digelar di Alun-alun Jember, Sabtu malam 27 April 2019. Berbagai pertunjukkan akan dihelat pada pagelaran ini.

Kabupaten Jember menjadi kabupaten pertama yang menjadi tempat konser kebangsaan yang digelar LPP RRI. “RRI ingin memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia, bahwa ada satu kota yang memiliki bupati yang dicintai rakyatnya karena program-programnya,” kata M Rohanuddin.

Dalam kesempatan itu M Rohanuddin juga menjelaskan, sebelumnya, konser kebangsaan digelar di ibu kota provinsi, seperti Jakarta, Surabaya, Samarinda. Namun kali dipilih Jember karena kota ini memiliki banyak perguruan tinggi, selain juga banyak pesantren.

Potensi ini menjadi sebuah rangkuman yang bisa dikenalkan kepada masyarakat Indonesia. “Konser kebangsaan di Jember tidak menyalahi aturan. Saya akan mengambil kota Jember sebagai kota satu-satunya dari kabupaten yang diangkat sebagai tempat dari konser kebangsaan ini,” tegasnya.

Di hadapan para punggawa konser kebangsaan, Rohanuddin menyatakan, bahwa konser ini adalah sarana untuk mempersatukan bangsa. Pada konser ini, Bupati Jember Faida untuk pertama kalinya dan menjadi satu-satunya bupati yang akan berpidato di RRI.

Melalui konser ini, Bupati Faida bisa menyampaikan pesan, program, dan bagaimana membangun daerahnya menjadi besar. Pidato ini akan disiarkan ke seluruh Indonesia yang akan didengar oleh masyarakat Indonesia.

“Bupati adalah kehormatan bagi RRI karena ibu lahir dari rahim RRI, bersuara di RRI, dan teruslah bangkit bersama,” ujar Rohanuddin.

Dipilihnya Jember sebagai tempat digelarnya Konser Kebangsaan, sambung Bupati Jember Faida, sangatlah tepat. Sebab, Jember memiliki keunikan atas budaya dan bahasa.

Keunikan itu bisa dilihat dari budaya dan bahasa antar-Jawa dan Madura serta beberapa suku lainnya, hingga mampu melahirkan percampuran budaya (hybride culture), yakni Budaya Pandhalungan. Di mata bupati, Konser Kebangsaan ini, juga sebagai sarana silaturahim.

Konser ini diharapkan dapat menjadi penyatu semangat, penyatu jalinan silaturrahim. “Karena sejatinya konser kebangsaan misinya adalah memperkuat NKRI,” imbuh Bupati Faida. (*).

Pos terkait