Wabup Muqit Arief: Manfaatkan Bulan Ramadhan Sebaik-baiknya untuk Meningkatkan Ke-Imanan

  • Whatsapp
Sholat Taraweh di Mushollah Pemkab Jember, diisi tausyiah oleh Drs. KH. Muqit Arief
Sholat Taraweh di Mushollah Pemkab Jember, diisi tausyiah oleh Drs. KH. Muqit Arief

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Ramadhan adalah salah satu bulan dalam kalender hijriah, yang di dalamnya oleh Alloh diberi banyak keistimewaan. Diantaranya, setiap pribadi muslim yang sudah baligh dan tidak berhalangan diwajibkan berpuasa dari awal sampai akhir Ramadhan.

Alloh menjanjikan banyak kenikmatan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh. Karena itu, amat disayangkan kalau bulan penuh berkah ini tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Manfaatkan bulan Ramadhan sebaik-baiknya untuk meningkatkan keimanan. Usahakan waktu di Bulan Ramadhan untuk berpuasa dengan sungguh-sungguh,” pesan Wakil Bupati Jember Drs. KH. A Muqit Arief, dalam tausiahnya di Mushollah, Pemkab Jember, Selasa (7/5/2019).

Kesungguhan untuk menjalankan puasa itu tidak sebatas menahan lapar dari imsak sampai maghrib. Kesungguhan itu juga diantara dengan menjaga lisan, hati, dan langkah kaki yang bisa mengurangi amal ibadah puasa.
Bulan Ramadhan, lanjut wabup, adalah bulan pengasahan keimanan, bulan pengasahan diri untuk introspeksi.

“Perbanyak meminta ampun kepada Allah SWT, perbanyak bersyukur,” ujar Kiai Muqit yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Kecamatan Silo itu.

Ibadah puasa yang dijalankan dengan sebaik-baiknya, kata wabup, akan mengantarkan seorang muslim kembali kepada fitrah kemanusiaan. Menjadi manusia yang sesungguhnya, penuh kasih sayang, penuh welas asih, penuh perhatian, dapat merasakan penderitaan orang.

Seorang muslim sangat bahagia menyambut Bulan Ramadhan. Karena di bulan itu banyak hal yang bisa didapat kaitan dengan keridloan Alloh. “Semoga kita bisa melaksanakan ibadah ini dengan sebaik mungkin, sampai akhir Ramadhan,” tambah Wabup Muqit Arief.(*).