Ingin Mudik Gratis, Segera Daftar ke Dishub Jember !

  • Whatsapp

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Seperti tahun sebelumnya, lebaran kali ini Pemkab Jember kembali memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati fasilitas mudik gratis. Mudik Bareng Gratis merupakan program tahunan Pemerintah Kabupaten Jember di bawah kepemimpinan dr. Hj. Faida, MMR., menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Untuk bisa menikmati program ini, masyarakat cukup mendaftar ke Dinas Perhubungan di Jalan Dewi Sartika No 02 setiap hari kerja, Senin – Jumat. Masyarakat juga bisa mendaftar secara online di https://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id.

Selain dari itu, masyarakat juga bisa menghubungi narahubung Dishub, yakni Teguh Prasetiyo/085706494647, M. Syafik/085334309567, dan Hari P/082140252454. 

Persyaratan yang dibawa saat mendaftar cukup fotokopi KTP (domisili Jember) dan kartu keluarga (KK) serta nomor telepon. Tidak ada batasan jumlah keluarga yang ikut maupun berat barang bawaan.

“Tidak ada batasan. Selama masih dalam batas toleransi, kita tidak masalah. Tetap bisa ikut program ini,” kata Drs. Hadi Mulyono, M. Si, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Selasa, 14 Mei 2019.

Untuk membantu masyarakat yang akan pulang kampung, Mudik Bareng Gratis tahun ini, dishub akan menggunakan 10 armada bus. “Pada tahun 2019 ini direncanakan ada sepuluh armada bus yang akan membantu masyarakat Jember untuk mudik maupun balik melaksanakan lebaran,” terangnya.

lima dari sepuluh armada tersebut dianggarkan dari APBD Kabupaten Jember. Sedangkan lima lainnya berasal dari APBD Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Rute layanan mudik gratis ini meliputi Jakarta menuju Jember, yang dilayani dengan dua armada bus. Ada juga rute mudik dari Jember ke Madura yang dilayani satu bus dengan kapasitas 59 orang.

Sedangkan arus balik yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni yakni Jember ke Yogyakarta, akan dilayani satu bus dengan kapasitas 59 orang. Bagi warga Jember yang mau balik ke Surabaya juga mendapatkan pelayanan yang sama.

Satu bus dengan kapasitas 59 akan melayani balik ke ibu kota provinsi. Bus yang melayani balik itu, adalah lima armada yang berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Khusus rute Jakarta menuju Jember akan berangkat tanggal 1 Juni dari Terminal Rawamangun dan akan sampai di Jember tanggal 2 Juni di Alun-alun Jember. Sedangkan dari Jember ke Madura akan berangkat tanggal 2 Juni.

Bagi warga Jember yang ingin menikmati mudik Gratis Bareng 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten Jember, dimohon agar segera mendaftar. Karena sejak dibuka pada tanggal 1 Mei lalu, kuota dari Jakarta menuju Jember sudah terisi penuh. “Untuk slot dari Jakarta ke Jember sudah full (penuh), sebanyak delapan puluh delapan kursi,” jelas Hadi Mulyono.

Namun, untuk jalur ke Yogyakarta dan Madura masih tersedia. Demikian juga dengan jalur ke Surabaya. “Kami tunggu sampai tanggal 9 Juni nanti,” ujarnya. (*)