Giliran Siswa SMA/SMK Diberi Kesempatan Memahami Program Beasiswa DTS

Program Beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tanpa dipungut biaya (gratis). Masyarakat tinggal mendaftar lewat http://digitalent.kominfo.go.id. atau langsung ke Pendopo Wahya Wibawa Graha, Pemkab Jember
Program Beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tanpa dipungut biaya (gratis). Masyarakat tinggal mendaftar lewat http://digitalent.kominfo.go.id. atau langsung ke Pendopo Wahya Wibawa Graha, Pemkab Jember

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Generasi muda adalah penerus cita-cita bangsa, dan dipundak merekalah nasib bangsa serta negara ini ditentukan. Pemuda haruslah memiliki kepribadian sekaligus kemampuan sesuai bidang yang ditekuni

Oleh karenanya, membangun sumber daya manusia dalam rangka mempercepat kemajuan, tidak bisa mengesampingkan keberadaan pemuda. Generasi muda menjadi harapan percepatan kemajuan suatu bangsa.

“Yang paling akan mempercepat kemajuan adalah kalau membangun sumberdaya manusianya, dan kita undang kalian karena kalianlah masa depan Bangsa Indonesia,” kata Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, kepada ratusan siswa yang diundang mewakili sekolahnya (SMK) se-Kabupaten Jember untuk mengikuti sosialisasi Digital Talent Scholarship (DTS) di Pendopo Wahya Wibawa Graha, Kamis (16/5/2019).

Acara yang digelar sore hari dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama ini, diharapkan menjadi pemantik semangat anak-anak muda dalam menguasai teknologi informasi. Pemuda harus menguasai IT agar bisa bersaing secara cepat. “Bukan anak jaman now namanya kalau ketinggalan IT,” ujar bupati.

Perubahan yang terjadi saat ini, lanjut bupati, tudak terlepas dari perkembangan dunia digital. Seperti diketahui, penggunaan kecanggihan digital pada saat ini, sudah sedemikian meluas ke semua elemen masyarakat dan bidang kehidupan.

Nah, berkaitan dengan semakin merebaknya penggunaan IT belakangan ini, bupati berpesan, agar hati-hati dalam memilih teman, khususnya di media sosial. Karena banyak diantaranya yang suka menyebar hoax atau mengumpat di media sosial.

Mengenai program Digital Talent Scholarship, bupati menjelaskan, disediakan kuota 200 bagi siswa SMA/SMK. Program ini sekain akan digelar di Politeknik Negeri Jember juga di luar kota. Untuk penyelenggarakan di luar kota, peserta akan mendapatkan akomodasi.

Bupati mengatakan, program-program ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK.

Mereka yang mengikuti pelatihan ini, begitu lulus akan mendapatkan sertifikasi. Pelatihan ini menggandeng empat mitra, diantaranya Microsoft dan Google.

Dalam program ini juga menggandeng 133 perusahaan yang siap mencari lulusan tersertifikasi internasional guna mengisi formasi-formasi pekerjaan di seluruh Indonesia dan dunia.

Staff Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ir. Herry Azis, M.Eng, yang hadir dalam acara itu, menilai Bupati Jember sangat antusias untuk membangun sumber daya manusia di Jember, hingga memfasilitasi kegiatan ini. “Perhatian beliau terhadap perkembangan SDM perlu diacungi jempol,” ungkapnya.

Lebih jauh Herry menjelaskan, mengenai pelatihan DTS, peserta tidak dipungut biaya. Kompetensinya pun cukup berbobot. “Mari mendaftar. Belajar dulu dan jangan sampai salah memilih jurusan,” imbaunya.

Dari kuota 200 peserta, telah terisi sebanyak 106 lulusan SMA/SMK ber-KTP Jember. Sertifikasi dari hasil pelatihan ini sebagai penyokong untuk mencari pekerjaan sesuai formasi di suatu perusahaan.(*).