Jalin Silaturahmi, Alumni Unair Gelar Olahraga Bersepeda Berhadiah

Nyoman Semita, Ketua Panitia Fun Bike, memberikan keterangan pers terkait kegiatan olahraga bersepeda dalam rangka ikut berpartisipasi menegakkan NKRI dan pembangunan, di Café Rollaas, Jember, Kamis (13/6/2019).
Nyoman Semita, Ketua Panitia Fun Bike, memberikan keterangan pers terkait kegiatan olahraga bersepeda dalam rangka ikut berpartisipasi menegakkan NKRI dan pembangunan, di Café Rollaas, Jember, Kamis (13/6/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Dalam rangka ikut menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Cabang Jember, menyelenggarakan Fun Bike. Kegiatan olahraga bersepeda bersama yang mengangkat tema Kita Indonesia Kita Pancasila itu, akan dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juni 2019.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember ini, menurut I Nyoman Semita, Ketua panitia Fun Bike, juga untuk memperingati HUT ke-47 IKA UA. “Kegiatan kolosal yang dalam bentuk bersepeda bersama ini memiliki maksud dan tujuan untuk berpartisipasi dalam menegakkan NKRI dan pembangunan,” kata Semita, dalam keterangannya pada wartawan di Café Rollaas, Kamis, 13 Juni 2019.

Bersepeda bersama ini juga untuk menjalin silaturrahmi dengan semua pihak, dan sinergi semua unsur masyarakat Jember dalam memajukan pembangunan bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat Jember.
“Jadi intinya, acara ini benar-benar untuk bersilaturahmi, buat semua yang bekerja dan masyarakat umum,” ungkapnya.

Fun bike ini kegiatan olahraga non prestasi, dengan start dan finish di Jember Sport Garden (JSG). Ada tiga rute yang disediakan, yakni 0 Km bagi peserta yang hanya ingin menikmati suasana gembira dengan menyaksikan hiburan rakyat, pameran UMKM, senam sehat, dan lainnya.

Rute 16 KM diperuntukkan bagi peserta yang tidak bersedia untuk rute panjang. Dan rute 26 KM, diperuntukkan bagi Gowes Mania. Pada Rute ini peserta diajak menanam bibit tanaman di kebun milik PTPN XII. “Para bikers bisa bebas untuk memilih rute, dan memperoleh semua hak yang sama, termasuk pengundian kupon,” jelasnya.

Untuk pameran UMKM, jelasnya, panitia menyediakan sedikitnya 30 booth gratis untuk pelaku UMKM. Ini untuk memajukan UMKM di Kabupaten Jember.

Disediakan juga Hiburan rakyat dan senam sehat, berupa tarian, musik Patrol dan panggung hiburan. Ini disediakan peserta yang tidak ikut bersepeda. Acara ini dilaksanakan pada saat peserta pesepeda sudah diberangkatkan. “Bagi masyarakat yang tidak ikut bersepeda bisa menikmati hiburan dan ikut senam sehat,” katanya.

Semita berharap peserta yang ikut mencapai 5.000 orang, berasal dari keluarga besar IKA UA dan umum. Pendaftaran per kupon sebesar Rp. 100 ribu.

Acara ini juga memperhatikan aksesbilitas peserta dari kalangan disabilitas yang ingin ikut berpartisipasi. Panitia menyediakan jalur khusus penyandang disabilitas dengan konseling dari Dinas Sosial.

Dalam kegiatan ini panitia menyiapkan beberapa hadiah yang bisa diperebutkan. Hadiah itu diantaranya berupa 1 unit rumah tipe 30/60 di lokasi Perum Taman Gading. Hadiah lain yang juga bisa diperebutkan antara lain berupa 1 paket umroh, 4 unit motor Mio, 6 unit LCD TV 32 Inchi, 10 sepeda gunung, 4 lemari es 1 pintu, 12 kipas angin, 15 kompor gas, dan door prize lainnya.(*).