Wakili Indonesia, Bupati Faida Paparkan Program Pemenuhan HAM di Forum PBB

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam forum PBB di Swiss, Senin (17/6/2019)
Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam forum PBB di Swiss, Senin (17/6/2019)

LONTARNEWS.COM. I. Swiss – Menjadi satu-satunya bupati yang diundang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss, Bupati Jember, dr. Faida. MMR, akan memberikan paparan terkait program pemenuhan hak asasi manusia (HAM) di Kabupaten Jember. ”

Kesempatan untuk berbicara forum internasional ini diperoleh Bupati Faida, setelah sebelumnya diundang PBB. dr. Faida. MMR sebagai bupati satu-satunya dari Indonesia yang diundang PBB untuk memaparkan program terkait pemenuhan HAM.

Bupati Faida, mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadiri acara diskusi yang bakal diikuti di Swiss itu. Karena materi pemaparan dalam diskusi yang akan disampaikan, pada dasarnya sudah dilakukan di Jember sejak menjadi Bupati Jember tahun 2016 silam.

“Apa yang sudah kami kerjakan, kami sampaikan di forum Internasional itu,” aku dr. Faida. MMR, Bupati Jember, Senin (17/6/2019).

Bupati Faida dinilai layak menghadiri forum PBB tersebut, karena dinilai sebagai kepala daerah yang berperan aktif dalam pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) pada masyarakatnya. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan Bupati Faida, dinilai berpihak pada pemenuhan HAM.

Atas diundangnya Bupati Faida di forum PBB ini, layak dibanggakan. Sebab, selain menjadi satu-satunya bupati di Indonesia, dari kawasan Asia, hanya 3 negara yang mendapat undangan sebagai delegasi. Selain Indonesia, juga Korea dan Nepal.

Dari kawasan lain yang mendapat undangan sebagai delegasi, berasal dari Amerika Serikat, Australia, Meksiko, Swedia, Uruguay, Italia, Spanyol, Korea, Prancis, Kamerun, Tunisia, Netherland dan Swiss sebagai tuan rumah. “Jelasnya bangga dipilihnya Jember sebagai perwakilan Indonesia. Jember bisa mengambil peran sebagai miniaturnya Indonesia yang ramah HAM,” imbuhnya.(*).