Beri Ruang untuk Berkreasi, Pemkab Jember Gelar Lomba Video Kreatif

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jember, Anas Makruf
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jember, Anas Makruf

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Sebagai upaya memberikan ruang bagi para penghobi video kreasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar lomba video kreatif. Lomba yang menjadi salah satu rangkaian acara Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019 ini, akan digelar pada tanggal 23 Juni 2019.

Melalui lomba ini diharapkan generasi muda tertarik untuk ikut mempromosikan wisata di Jember. “Lomba video kreatif atau Vlog ini untuk memancing partisipasi masyarakat, agar lebih cinta dan memajukan pariwisata Kabupaten Jember,” terang Anas Makruf, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, di kantornya, Senin (17/6/2019).

Lomba ini lanjut Anas, juga untuk memacing minat anak muda yang mempunyai hobi dan kemampuan dalam membuat video kreatif. Komba ini terbagi dalam dua kategori, yakni kategori pelajar tingkat SMP dan SMA serta kategori umum mulai dari mahasiswa, karang taruna maupun masyarakat lainnya.

Lomba ini bisa atas nama kelompok atau perseorangan. “Kami persilakan. Terpenting, kami ingin mengangkat kearifan lokal,” ungkapnya.

Kearifal lokal dimaksud, menurut Anas, tidak hanya terbatas pada acara Waton Parade 2019. Tradisi, budaya, maupun potensi wisata lainnya di seluruh Jember juga bisa menjadi materi video kreatif.

Demikian pula dengan potensi wisata yang mungkin masyarakat luas tidak mengetahui, bisa menjadi materi untuk lomba ini. Diharapkan, dari lomba ini peserta bisa mengangkat semua potensi wisata yang ada di Kabupaten Jember.

“Bisa mengangkat desanya sendiri. Mungkin ada tradisi atau kearifan lokal yang perlu diangkat karena tidak terekspos,” ujarnya.

Ketentuan lomba, peserta hanya boleh mengirimkan satu karya saja. Vlog yang dilombakan harus berdurasi maksimal 5 menit dan benar-benar karya sendiri.

Video kreatif yang telah dibuat peserta, harus diunggah di akun youtube masing-masing peserta. Kemudian link dari youtube peserta tersebut, dimasukkan pada formulir pendaftaran yang tersedia di www.jemberculture.com.

Batas akhir pendaftaran 20 Juni. Hadiah yang disediakan total Rp. 15 juta ditambah ponsel android, trofi, dan sertifikat untuk enam pemenang. Pengumuman pemenang pada hari Minggu, 23 Juni 2019, saat gelar Waton Parade 2019.(*)