Hebohnya Waton Parade 2019 dengan Kembul Bujono Kupat Lepet

Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019, Minggu (23/6/2019)

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Watu Ulo Pegon (Waton) Parade merupakan kegiatan rutin wisata yang digelar setiap tahun. Kalender wisata yang digelar usai lebaran ini berisi defile Pegon, yang merupakan alat transportasi tradisional masyarakat jaman dulu.

Gelar Waton Parade 2019 ini, juga dimeriahkan Festival Bakar Ikan, lomba mewarnai, dan lomba video kreatif. Begitupun dengan para finalis Gus dan Ning Jember 2019, juga diumumkan pada momen wisata tahunan ini.

Tak ketinggalan pula beberapa kesenian tradisional turut ditampilkan pada gelar wisata di kawasan pantai ini. Atraksi kesenian tradisional yang ditampilkan antara lain, Egrang, tari kolosal, Ta’buta’an, Jaranan, musik gambus, dan Reog.

Egrang

Hebohnya lagi, pengunjung di tempat wisata ini bisa menikmati Lontong Kupat dan Lepet bersama. Untuk menikmati makan bersama Lontong Kupat dan Lepet ini, pengunjung harus berebut Gunungan Lontong Kupat.

Tradisi Makan Lontong Kupat dan Lepet bersama yang biasa dilakukan masyarakat di kawasan Pantai Watu Ulo usai lebaran ini dikenal dengan Kembul Bujono Kupat Lepet.

Kupat dan Lepet serta berbagai makanan tradisional lainnya ini dibawa menggunakan Pegon. Tak ketinggalan, Bupati Jember, dr. Faida. MMR, bersama suami, drg. Abdul Rochim, serta sejumlah pejabat turut menikmati kendaraan tradisional yang biasa digunakan masyarakat setempat, Pegon. (*)