Ning Mira Wakili Jember Pada Pemilihan Puteri Otonomi Daerah

Ning Mira Wardina Ghassani, dari Kabupaten Jember, dalam Pemilihan Puteri Otonomi Daerah pada Pameran APKASI Otonomi Expo 2019, Jakarta Convention Centre.
Ning Mira Wardina Ghassani, dari Kabupaten Jember, dalam Pemilihan Puteri Otonomi Daerah pada Pameran APKASI Otonomi Expo 2019, Jakarta Convention Centre.

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Keikutsertaan Kabupaten Jember dalam pameran APKASI Otonomi Expo 2019 di Jakarta, tidak hanya sebatas memamerkan produk unggulan yang dimiliki. Potensi lain yang tak kalah menariknya untuk ditampilkan pada event tersebut, juga diberi kesempatan ambilbagian.

Pemilihan Puteri Otonomi Daerah sebagai ajang kontestasi pada rangkaian kegiatan itu, Jember menampilkan Ning Mira Wardina Ghassani sebagai Puteri Otonomi Daerah asal Jember. Pemkab Jember memercayakan kepada Ning Mira Wardina Ghassani sebagai Puteri Otonomi Daerah asal Jember.

Pemilihan Puteri Otonomi Daerah yang diikuti oleh 42 kabupaten/kota yang tergabung dalam APKASI menjadi ajang unjuk kelebihan bagi daerah. Karena itu, setiap kontestan yang menjadi Puteri Otonomi Daerah harus memahami apa saja potensi yang dimiliki daerahnya untuk diperkenalkan kepada pasar yang lebih luas.

Salah satu kegiatan pemilihan Puteri Otonomi Daerah yakni menampilkan baju adat dari masing-masing daerah serta menjelaskan filosofinya. “Kebetulan saya membawakan baju kebesaran dari Ning Jember. Mayoritas baju dari daerah Jember itu identik dengan daun tembakau”, ujar Ning Mira, Kamis (4/7/2019).

Kekhasan pakaian daerah Jember dengan daun ini, karena tembakau merupakan komoditas unggulan dari Kabupaten Jember. Budidaya tembakau di Kabupaten Jember, cukup berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, selain ikut memberikan kontribusi pada pendapatan asli daerah.

Ning Mira berharap keikutsertaan dalam ajang pemilihan Puteri Otonomi ini membuat eksistensi Kabupaten Jember tetap dikenal di Indonesia. Ia mengaku senang mengikuti puteri otonomi ini. “Selain menambah teman, juga berbagi cara mempromosikan potensi kabupaten masing-masing,” akunya.

Ini sudah tahun ketiga Jember mengirim perwakilan, dari tahun 2017 hingga 2019 ini, terangnya. Tahun ini, pemilihan Puteri Otonomi Daerah yang dihelat dalam APKASI Otonomi Expo 2019, Jakarta Convention Centre, akan berlangsung dari tanggal 3 – 5 Juli 2019. (*).