Direncanakan 1000 Kantin Bela Negara untuk Pendidikan Karakter Generasi Penerus Bangsa

  • Whatsapp
Bupati Jember dr.Hj. Faida, MMR, dalam acara Pengajian Rutin Malam Juma’t Manis bersama masyarakat Jember, di Pendopo Wahya Wibawa Graha, Kamis (4/7/2019) malam.
Bupati Jember dr.Hj. Faida, MMR, dalam acara Pengajian Rutin Malam Juma’t Manis bersama masyarakat Jember, di Pendopo Wahya Wibawa Graha, Kamis (4/7/2019) malam.

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Sebagai upaya membantu menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan produk lokal, Bupati Jember, dr. Faida. MMR, tahun depan akan memprogramkan pembenahan kantin sekolah. Setidaknya ada 1000 kantin sekolah di seluruh Kabupaten Jember yang akan dibenahi.

“Kantin dibuat indah dan bersih. Akan ada UMKM yang jual makanan-makanan sehat, dan menjual produk-produk lokal Kabupaten Jember,” ujar Bupati Jember dr.Hj. Faida, MMR, dalam acara Pengajian Rutin Malam Juma’t Manis bersama masyarakat Jember, di Pendopo Wahya Wibawa Graha, Kamis (4/7/2019) malam.

Selain untuk menghidupkan UMKM dannproduk lokal, tujuan dari dibenahinya kantin sekolah ini, yakni untuk pendidikan karakter generasi penerus bangsa. Kantin sekolah ini, nantinya akan diberi nama Kantin Bela Negara.

“Anak-anak sedari dini harus tahu yang mana produk lokal dan asli, supaya anak-anak juga mengerti pembangunan ekonomi dimulai dari konsumsi makanan kecil, termasuk  jajanan di sekolah,” jelasnya.

Dalam pengajian ini, bupati juga memberikan kesempatan jamaah untuk menyampaikan keluh kesahnya, baik secara langsung maupun melalui sura. “Pengajian rutin Malam Jum’at Manis ini sebagai bentuk kegiatan silaturahim, berdoa bersama, memohon doa perlindungan Allah SWT,” kata Bupati Faida.

Pada kesempetan itu, bupati menyampaikan informasi tentang delapan pasar tradisional hasil revitalisasi pada tahun 2018 yang kini sudah bisa dipakai pedagang untuk berjualan.(*).