Wakil Dubes Australia, Kegiatan Tradisional Penting untuk Mengadapi Masa Depan dan Rasa Percaya Diri

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, menyambut kedatangan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Allaster Cox, saat mengunjungi Kampung Wisata Belajar 'Tanoker', di Ledokombo, Jember, Jumat (19/7/2019).
Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, menyambut kedatangan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Allaster Cox, saat mengunjungi Kampung Wisata Belajar ‘Tanoker’, di Ledokombo, Jember, Jumat (19/7/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Wakil Duta Besar Australia, Allaster Cox, mengaku terkesan dengan kegiatan Tanoker, kampung wisata belajar, yang digelar masyarakat Ledokombo, Jember. Baginya, kegiatan bernuansa tradisional sebagaimana Tanoker, merupakan sesuatu yang sangat penting dalam melestarikan budaya lokal di saat dunia menghadapi tantangan globalisasi, seperti sekarang ini.

“Kami ingin mendukung kegiatan Tanoker, seperti egrang, tarian tradisional, kegiatan ekonomi tradisional, dan bisnis kerajinan UMKM. Semua kegiatan ini penting untuk mengukuhkan semangat masyarakat dalam menghadapi masa depan dengan kepercayaan diri sendiri,” ujar Allaster Cox, saat mengunjungi Kampung Wisata Belajar ‘Tanoker’ di Ledokombo, Jember, Jumat (19/7/2019).

Allaster Cox mengaku, sengaja berkunjung ke Tanoker di Kecamatan Ledokombo, dengan maksud untuk melihat dan mengunjungi proyek hasil kerjasama antara Indonesia dan Australia, khususnya yang ada di Jawa Timur. “Hari ini, ke Ledokombo untuk berkunjung ke Tanoker, untuk melihat bagaimana proyek Tanoker dilaksanakan dalam 15 tahun terakhir, dalam rangka mengembangkan suatu kesadaran mengenai kepentingan warisan tradisional sebagai lem untuk mengukuhkan masyarakat disini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Allaster Cox juga menyatakan banyaknya orang yang saat ini menjadi imigran. Karena itu, kepercayaan terhadap kehidupan sendiri bagi masyarakat setempat sangat penting untuk ditumbuhkan.

Di sinilah Tanoker mengambil peran untuk mendorong masyarakat menumbuhkan rasa percaya diri. “Ini alasan saya berkunjung kesini, dan lewat dari program-program kedutaan Australia, kami mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini berada di akar rumput. Kami menghargai kerajinan disini untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan kegiatan lokal,” paparnya.

Seperti diketahui, Tanoker merupakan kelompok masyarakat di Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, yang memberikan perhatian kepada anak buruh migran setempat dengan berbagai kegiatan seni, budaya, dan ekonomi lokal. Kelompok ini bekerjasama dengan berbagai lembaga, diantaranya berasal dari Australia.

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, yang menerima kunjungan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia ke Tanoker di Desa Ledokombo tersebut mengatakan, Allaster Cox memberikan apresiasi terhadap kegiatan Tanoker dalam membantu anak buruh migran di Desa Ledokombo, maupun dalam mengatasi permasalahan buruh migran. Allaster Cox, menurut wabup, juga sangat tertarik dengan budaya lokal yang dilestarikan di tempat ini.

“Pengenalan budaya lokal yang tetap dilestarikan dan menjadi ciri khas ke-Indonesia-an,” terang Wabup, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Anas Ma’ruf, saat menerima kunjungan Wakil Duta Besar Australia ke Tanoker itu.

Kunjungan Wakil Dubes ini, lanjut Wabup, memiliki makna dan manfaat yang sangat besar, karena akan semakin mengakrabkan komunikasi Indonesia dengan Australia. Terlebih, dalam hubungan kerjasama ini, banyak sekali program dari Australia yang sudah dilaksanakan di beberapa daerah, salah satunya di Jember.

“Beliau akan terus membangun komunikasi dengan kita, yang sangat tertarik kepada hal-hal yang berkaitan dengan buruh migran. Beliau sangat paham tentang hal yang berkaitan dengan buruh migran,” ungkap Wabup Muqit Arief, seraya menambahkan, bahwa Jember merupakan salah satu sentra dan supplier buruh migran ke luar negeri.(*).