Berharap Lomba Mancing Diperluas Hingga Luar Kota

  • Whatsapp
Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, mencoba turut melepas pancing dalam acara lomba memancing memperingati HUT ke-20 Radar Jember di Omega Fishing kompleks Jember Edu Garden (JEG) Kecamatan Ajung, Minggu (21/7/2019).
Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, mencoba turut melepas pancing dalam acara lomba memancing memperingati HUT ke-20 Radar Jember di Omega Fishing kompleks Jember Edu Garden (JEG) Kecamatan Ajung, Minggu (21/7/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, berharap, lomba memancing yang banyak peminatnya, tidak hanya digelar di wilayah kota, tapi juga di daerah. Harapan ini disampaikan, setelah bupati menyaksikan sendiri antusias peserta dalam mengikuti lomba memancing memperingati HUT ke-20 Radar Jember di Omega Fishing kompleks Jember Edu Garden (JEG) Kecamatan Ajung, Minggu (21/7/2019).

“Karena peminatnya banyak, saya harap kegiatan ini bisa diperluas. Tidak hanya diperlombakan di wilayah kota Jember, tetapi juga di wilayah sekitarnya,” kata Bupati.

Selain memperluas wilayah perlombaan, lomba memancing yang diselenggarakan, harus pula dilaksanakan secara temporal dan terjadual. Penjadualan lomba memancing ini sangat diperlukan oleh komunitas pemancing.

Jadwal penyelenggaraan lomba memancing tersebut diperlukan bagi komunitas pemancing. Karena dengan dijadual secara rutin atau temporal, akan mendorong lomba memancing menjadi destinasi wisata.

“Sehingga, komunitas mancing bisa mengetahui jadual penyelenggaraan, dan bisa menjadi event destinasi wisata kekhasan di Kabupaten Jember,” kata bupati.

Dikatakan bupati, memancing dapat melatih kesabaran, konsentrasi dan jalinan persaudaraan. Bahkan jaringan bisnis pun muncul di kolam pancing.

Menurut bupati, kolam pancing merupakan potensi ekonomi yang bisa dikembangkan.
“Kolam pancing ini bukan sekedar hobi. “Ternyata, saya melihat ini bisa dikembangkan menjadi suatu area pemasaran yang luar biasa. Ini bisa juga menumbuhkan ekonomi baru di wilayah Jember,” ungkapnya.

Bupati juga mengapresiasi kreativitas Radar Jember sebagai penyelenggara lomba. Karena antara pemancing, terdapat jalinan yang bisa dirajut panitia dengan luar biasa.

“Saya mancing pertama kali, tapi belum dapat ikan. Namun duduk bersama komunitas pemancing itu gembira, rileks. Yang menang ceria, yang tidak menang juga ceria,” tuturnya.

Dalam acara pembukaan lomba itu, bupati diberi kesempatan untuk melepas ikan ke kolam pancing. Bupati juga berkesempatan ikut memancing bersama suami, drg. Abdul Rochim, serta beberapa pejabat.

Direktur Radar Jember, Abdul Choliq Baya, pada kesempatan itu, menyampaikan, digelarnya lomba memancing supaya dapat bermanfaat bagi yang punya hobi memancing. “Memancing adalah kegiatan yang positif, karena kita memancing ikan bukan memancing keributan,” selorohnya.(*).