Pemkab Jember Serahkan 5 Hewan Qurban dengan Bobot 5-6 Kuintal Per Ekor

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida. MMR, bersama takmir Masjid Jamik Al Baitul Amien, Jember, dalam acara penyerahan hewan qurban, Minggu (11/8/2019).
Bupati Jember, dr. Faida. MMR, bersama takmir Masjid Jamik Al Baitul Amien, Jember, dalam acara penyerahan hewan qurban, Minggu (11/8/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Jember, menyerahkan hrwan qurban sebanyak 5 ekor sapi, dengan bobot masing-masing 5-6 kuintal per ekor. Lima ekor sapi tersebut diserahkan kepada Takmir Majid Al Baitul Amin, 1 ekor, Kepala Lapas Klas II A Jember, 1 ekor, Ponpes AL Falah di Kecamatan Silo, 1 ekor, serta 2 ekor diserahkan ke Sekretariat Pemkab Jember.

Penyerahan hewan qurban oleh Pemkab Jember ini juga disertai dengan pemberian besek (wadah dari anyaman bambu,red), kepada panitia qurban. Besek ini dimaksudkan sebagai bungkus daging qurban pengganti kantong plastik. “Semua akan dibagikan ke warga atau masyarakat sekitarnya,” jelas Bupati Jember, dr. Faida. MMR, usai menunaikan sholat Idul Adha, di Masjid Jamik Al Baitul Amien, Jember, Minggu (11/8/2019).

Dalam hal berqurban, bupati menjelaskan, sebenarnya tidak ada yang terkurangi sedikitpun diri orang yang berqurban. Sebaliknya, akan menambah satu amalan ibadah yang barokah.

Bupati juga menyampaikan, keteladanan yang dapat dijadikan contoh adalah Nabi Ibrahim Alaihis Salam mengorbankan anaknya. “Sedangkan kita hanya berqurban sapi atau kambing. Bahkan banyak orang ganti mobil untuk hari raya tapi tidak berqurban,” ujarnya.

Semangat dalam berqurban sangat penting, karena banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi enggan untuk berqurban. “Banyak contoh dari warga yang ekonominya pas-pasan tetapi mereka tetap menjalankan perintah agama dengan berqurban,” tambahnya.(*).