Manfaatkan Finish Point Etape Ketiga Tour d’Indonesia, Jember Promosikan Potensinya

  • Whatsapp

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Menyongsong Tour d’Indonesia yang finish point etape ketiganya di Jember, Pemkab Jember melakukan sejumlah persiapan. Secara khusus, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, akan menyambut pembalap dengan gala dinner yang akan diselenggarakan di Pendopo Wahya Wibhawagraha, Selasa (21/8/2019).

Gelaran Lomba Balap Sepeda Internasional Tour d’Indonesia, yang bakal melewati Kabupaten Jember sebagai finish point etape ketiga ini, diikuti sekitar 100 pembalap dari 26 negara. Sesuai jadwal, para pembalap yang mengikuti event bergengsi ini, akan melintas di Jember pada 21 dan 22 Agustus 2019.

Bagi Jember, kesempatan ini akan dimanfaatkan untuk mengenalkan lebih jauh potensi yang dimiliki. Sebab itu, bupati berpesan, agar masyarakat bisa menjaga ketertiban selama menikmati sajian ini, sekaligus turut bersinergi mempromosikan potensi Jember.

Khusus untuk pengamanan, Pemkab Jember melalui Satpol PP telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, hingga tingkat kecamatan. Beberapa upaya yang dilakukan Satpol PP diantaranya pengamanan rute yang dilalui pembalap di Kabupaten Jember, terutama kecamatan-kecamatan yang daerahnya dilintasi.

Satpol PP juga telah memberikan imbauan kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk libur berjualan selama kegiatan di rute yang dilalui pembalap. Rute kecamatan yang akan dilalui pembalap, antara lain:

Tanggal 21 Agustus 2019, rute kecamatan yang dilalui adalah Tanggul, Bangsalsari, Rambipuji, Kaliwates dan Patrang. Tanggal 22 Agustus 2019, kecamatan yang dilalui adalah Patrang, Sumbersari, Pakusari, Mayang dan Silo.

Finish point etape ketiga Kejuaraan Internasional Balap Sepeda Tour De Indonesia 2019, di Alun-alun Jember. Kejuaraan bergengsi yang diikuti pembalap nasional dan internasional ini menempuh jarak 825,2 km yang dibagi dalam 5 etape.

Etape pertama, start dari Candi Borobudur Magelang dan finish di Madiun. Etape kedua berangkat dari Madiun dan finish di Batu Malang. Etape ketiga, start dari Batu dan finish di Alun-alun Jember.

Selanjutnya etape keempat, finish di kawasan Ijen Banyuwangi. Dan etape terakhir atau etape kelima akan diberangkatkan dari Gilimanuk dan finish di Bangli, Bali.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyatakan bahwa terpilihnya Kabupaten Jember adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena event ini bisa menjadi sebuah destinasi wisata tersendiri. Bahkan merupakan kesempatan bagi Kabupaten Jember untuk memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki.

Dengan keikutsertaan Jember menjadi salah satu rute event bergengsi ini, mengukuhkan bahwa Kabupaten Jember telah diakui dan memenuhi standar kejuaraan balap sepeda bertaraf internasional. Baik infrastruktur ataupun obyek-obyek wisata serta potensi pendukung lainnya.(*).