Semakin Banyak yang Menghafal Al Quran, Makin Banyak Pula Generasi Qurani yang Akan Mewarnai Kehidupan Jember

  • Whatsapp
Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, dalam acara Semaan Al Quran di halaman tengah kantor Pemkab Jember, Jalan R Sudarman, Sabtu (24/8/2019).
Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, dalam acara Semaan Al Quran di halaman tengah kantor Pemkab Jember, Jalan R Sudarman, Sabtu (24/8/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Semakin banyak umat Islam yang hafal Al Quran (hafidz dan hafidzah) di Jember, maka semakin banyak pula generasi qurani yang akan mewarnai kehidupan masyarakat di Kabupaten Jember. Saat ini, generasi qurani di Jember, telah tumbuh dan berkembang cukup baik, ditandai dengan semakin banyaknya hafidz dan hafidzah.

“Ini sesuatu yang membahagiakan kita semua,” ungkap Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, dalam acara Semaan Al Quran di halaman tengah kantor Pemkab Jember, Jalan R Sudarman, Sabtu (24/8/2019).

Tumbuhkembangnya penghafal Al Qur’an ini juga terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Jember. Di tempat ini juga telah banyak warga binaan yang hafal Al Qur’an.

“Semoga hafalan-hafalan huffadz ini bisa berpengaruh untuk menghadirkan diri sebagai generasi qurani,” harapnya.

Mengenai kegiatan Semaan Al Quran yang rutin digelar setiap tahun, guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, diharapkan semakin mengokohkan Jember sebagai kabupaten relegius. “Dari sanubari yang paling dalam, ingin sekali mengantarkan Jember menjadi kabupaten dan masyarakat yang religius,” kata Wabup Muqit Arief.

Dijelaskan wabup, masyarakat yang religius artinya masyarakat yang senantiasa mendekat kepada Allah. “Masyarakat yang dalam perjalanan hidupnya dan menjalankan tugasnya mendapatkan sinar Al Quran,” terangnya.

Wabup yakin, dengan ridho dan karunia Alloh SWT serta dengan barokah Al Qur’an, pembangunan di Kabupaten Jember tidak hanya bernuansa duniawi, tetapi juga ukhrowi. “Syukur-syukur bisa menjadi amal yang kita harapkan tatkala kembali kehadirat Allah SWT,” tutur Kiai Muqit yang juga pengasuh Ponpes Al Falah, Kecamatan Silo itu.

Gelar kegiatan ini bekerja sama dengan Majelis Semaan Al Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Gus Miek Jantiko Mantab Jember. Kegiatan ini diawali dengan Sholat Subuh berjamaah yang dipimpin KH Syaifullah dari Kediri, sebagai imam. (*).