Wabup Jember, Berharap Panjatan Doa dari Jamaah Haji untuk Kondusifitas dan Kerukunan Jember

  • Whatsapp
Didampingi Kabag Bina Mental, Pemkab Jember dan Kepala Kemenag Jember, Wabup Muqit menyambut kedatangan jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (31/8/2019).
Didampingi Kabag Bina Mental, Pemkab Jember dan Kepala Kemenag Jember, Wabup Muqit menyambut kedatangan jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Surabaya – Sebagaimana banyak diyakini kaum muslim, bahwa orang yang baru kembali dari menunaikan ibadah haji, doanya mudah dikabulkan oleh Alloh. Sebab itu, tak sedikit masyarakat yang meminta didoakan oleh mereka yang baru pulang dari haji, doa yang diminta biasanya, agar diberi kesempatan Alloh untuk melaksanakan ibadah haji ke Makkah.

Permohonan sambung doa kepada yang baru pulang dari beribadah haji ini, juga disampaikan Wakil Bupati Jember, Drs KH Abdul Muqit Arief. “Saya menitipkan kepada jamaah, agar mereka mendoakan Jember agar senantiasa selalu kondusif, penuh kerukunan dan kebersamaan dan usahanya diberkahi oleh Allah SWT,” pinta Wabup Muqit Arief, dalam acara penyambutan kepulangan jamaah haji dari Kabupaten Jember, di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

Penyambutan jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya oleh Wabup Muqit, dilakukan usai mengikuti rangkaian pembukaan Gerak Jalan Tradisional Tanggul Jember, Sabtu 31 Agustus 2019. Pada acara penyambutan itu, wabup juga berharap para jamaah mau dan ikhlas mendoakan sanak saudaranya tatkala disambut di rumahnya masing-masing.

“Saya sangat mengharapkan semangat beribadah jamaah haji di tanah suci, bisa dipertahankan dan ditularkan kepada sanak saudara. Kemudian saya juga berharap jamaah haji memakmurkan masjid dan mushola terdekat,” harapnya.

Wabup juga mengapresiasi upaya panitia pemberangkatan dan pemulangan jamaah tahun ini yang dinilai lebih baik dari sebelumnya. “Kita tahu bahwa jamaah haji ini sudah cukup lelah dalam perjalanan pulang dan proses menunggunya juga cukup lama di Bandara di Jeddah. Dan untuk tahun ini, panitia telah menyediakan konsumsi untuk para jamaah, dan mudah-mudahan pelayanan ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

Sementara itu, sesuai jadual, ada 2 kloter yang akan tiba di Kabupaten Jember pada Minggu 1 September 2019, yakni kloter 44 dan kolter 45. Jamaah untuk kloter 44 sebanyak 443 orang dan kloter 45 sebanyak 445 orang.

Mereka tiba di Asrama Haji Sukolilo pada Sabtu 31 Agustus 2019. Kloter 44 tiba pada pukul 23.25 WIB, dan kloter 45, pukul 01.25 WIB.

Untuk tempat kedatangan jamaah haji, sedikit mengalami perubahan. Kloter 45 asal Kaliwates/Mandiri Kota, Mandiri Ajung, Sukorambi dan Sumbersari yang sebelumnya dijadwalkan di Kantor Kecamatan Kaliwates, tapi karena sedang ada renovasi, dipindah ke Masjid Cheng Ho, Sempusari.

Sedangkan tempat kedatangan jamaah lain dari kloter 44 dan 45 masih sesuai jadwal semula.
Mereka dijadwalkan masuk di tempat kedatangan pada Minggu 1 September 2019 pukul 06.25 WIB.(*).