Predikat Sang Juara Itu Seakan Telah Ditetapkan untuk Jember

  • Whatsapp
Piala Juara Pertama yang berhasil diraih Kabupaten Jember dalam pameran Lombok Epicentrum Mall Mataram, Nusa Tenggara Barat
Piala Juara Pertama yang berhasil diraih Kabupaten Jember dalam pameran Lombok Epicentrum Mall Mataram, Nusa Tenggara Barat

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Entah sebutan apalagi yang pantas disandangkan untuk Jember ketika gelar juara selalu diraihnya saat mengikuti berbagai event pameran. Kata selalu juara, seakan melekat pada Jember dalam kiprahnya di setiap pameran yang diikuti.

Apakah ini hanya kebetulan ?. Tentu saja tidak, karena raihan gelar juara yang direbut Jember bukan hanya sekali dua kali, tapi berkali-kali.

Jember adalah Jawara, Jember adalah Maestro Pameran. Setiap ada pameran, seakan sudah bisa dipastikan, Jember adalah juaranya.

Prestasi membanggakan bagi seluruh masyarakat Jember ini, terulang lagi pada ajang pameran Lombok Epicentrum Mall Mataram, Nusa Tenggara Barat. Stand Pemkab Jember yang ada di pameran ini, dinyatakan sebagai yang terbaik dan berhak meraih gelar Juara 1.

Isyarat akan berpihaknya Dewi Fortuna untuk Jember sebenarnya sudah terlihat sejak awal dibukanya pameran pada tanggal 5 September 2019, lalu. Stand Jember yang berdiri molek di Lombok Epicentrum Mall, Mataram, Nusa Tenggara Barat, banyak mendapat perhatian pengunjung, baik dari masyarakat sekitar maupun dari luar.

Bahkan yang menghebohkan lagi, produk lokal Jember yang dipajang di stand Jember, diborong Bupati Fakfak, Papua Barat, Mohammad Uswanas, bersama rombongannya. Tanda-tanda akan diraihnya prestasi membanggakan untuk Jember ini semakin nampak menjelang diumumkannya oeraih juara dalam pameran ini.

“Apalagi saat panitia naik panggung, sudah mengenakan Ublang Jember,” kenang Slamet Sugianto, Kabag Perekonomian Pemkab Jember, yang mengaku sejak awal merasakan adanya tanda-tanda kemenangan bagi Jember pada ajang pameran itu.

Ternyata dugaan Slamet tidak mleset. Terbukti, setelah pengumuman pemenang itu disampaikan, pihak panitia menyebut nama Kabupaten Jember sebagai juaranya.

Tidak hanya sampai di situ. Kepiwaian Jember dalam mendesain stand pameran, hingga banyak didatangi pengunjung, agaknya menarik minat panitia untuk disertakannya pada event lain.

Oanitia penyelenggara pameran di Mataram, kembali mengundang Pemkab Jember untuk menjadi peserta kehormatan pada pagelaran Moto GP tahun 2021 yang akan dihadiri sekitar 200 ribu wisatawan. “Selain juara, target lainnya, kami mengoptimalkan upaya pemasaran produk lokal yang digerakkan masyarakat Jember,” jelasnya.

Dengan cara ini, para pegiat UMKM di Jember lebih punya kesempatan untuk meraih pasar nasional. Itu bisa dilihat, barang hasil produksi UMKM Jember yang dipamerkan habis terjual.

“Sebagian anggota pameran stand Jember, pegiat UMKM. Kami gilir sesuai perintah Ibu Bupati,” pungkasnya. (*)