Monitoring Pilkades Serentak, Bupati ke Kecamatan Rambipuji, Balung dan Gumukmas, Wabup ke Kecamatan Ambulu, Wuluhan dan Puger

  • Whatsapp
Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Jember (ilustrasi)
Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Jember (ilustrasi)

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Tim Monitoring Pilkades Serentak Tahun 2019, akan jembali melakukan pemantauan pelaksanaan demokrasi di desa. Tim Monitoring yang terbagi menjadi dua tim, Tim 1 dan Tim II, akan berangkat dari Pendopo Wahya Wibhawagraha, pada pukul 08.00 WIB, Kamis (12/9/2019).

Tim Monitoring I yang dipimpin Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, bersama Kapolres Jember, Dandim 0824, Ketua Pengadilan Negeri, Kajari, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Kemenag Jember dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Jember, akan meninjau pelaksanaan pilkades serentak tahap II di beberapa kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Jember. Beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dikunjungi Bupati Jember bersama Tim I, yakni pilkades yang digelar di alun-alun Rambipuji (Pilkades Rambipuji), Kecamatan Rambipuji. Berikutnya, pilkades di Balai Desa Curahmalang (Pilkades Curahmalang) dan pilkades di Desa Gumelar, Kecamatan Balung serta pilkades di Balai Desa Bagorejo (Pilkades Bagorejo), Kecamatan Gumukmas.

Untuk Tim II Monitoring Pilkades Serentak Tahap II, yang dipimpin Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arief, dan diikuti Kabag Ops. Polres Jember, Kabag Intelkam, Pasi Ops Kodim 0824 dan sejulah OPD, akan melakukan monitoring pelaksanaan pilkades serentak di 3 kecamatan. Ketiga kecamatan tersebut, yakni Ambulu (Desa Karanganyar), Kecamatan Wuluhan (Desa Tanjungrejo dan Dukuhdempok), serta Kecamatan Puger (Desa Jambearum dan Kasiyan Timur.

Penyelenggaraan pilkades serentak kali ini memasuki tahap II. Pada tahap II ini, pilkades serentak digelar di 37 desa di 6 kecamatan wiayah selatan Kabupaten Jember.

Kecamatan yang menggelar pilkades, antara lain Kecamatan Rambipuji (6 desa), Balung (7 desa), Puger (11 desa), Gumukmas (5 desa), Wuluhan (5 desa) dan Ambulu (3 desa). Pilkades serentak tahap II ini diikuti 117 calon kepala desa.

Calon kades tersebut, terdiri dari 101 laki-laki dan 16 perempuan, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 319.096. Rinciannya, DPT Rambipuji 50.904, Balung 47.804, Puger 82.476, Gumukmas 36.521, Wuluhan 65.312 dan Ambulu 36.079.

Seperti pada Pilkades Serentak Tahap I, Bupati Jember, Faida, berharap pelaksanaannya dapat berjalan lancar, aman dan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan.(*).