Gelar Tasyakuran, Sebagai Wujud Syukur Atas Suksesnya Penyelenggaraan Pilkades di Desa Harjomulyo

  • Whatsapp
Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, dalam acara tasyakuran atas sukses penyelenggaraan pilkades serentak 2019 di Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Selasa malam (10/9/2019).
Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, dalam acara tasyakuran atas sukses penyelenggaraan pilkades serentak 2019 di Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Selasa malam (10/9/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Sebagai ungkapan wujud syukur atas terlaksananya pemilihan kepala desa (pilkades) dengan baik, masyarakat Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, menggelar acara tasyakuran. Gelar tasyakuran ini dihadiri Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief.

“Acara tasyakuran masyarakat Harjomulyo digelar karena secara keseluruhan pilkades dapat berjalan lancar, kondusif, aman dan tidak ada kendala,” kata Wabup Muqit Arief, di kediaman Kades Kartono di Dusun Sumber Lanas, Desa Harjomulyo, Selasa malam (10/9/2019).

Desa Harjomulyo menyelenggarakan Pilkades Serentak Tahap I, pada Kamis, 05 September 2019, bersama desa lainnya di tujuh kecamatan. Warga Desa Harjomulyo, menurut wabup, mempunyai cara tersendiri dalam mengungkapkan rasa senang dan syukurnya. Yaitu dengan menggelar tasyakuran dan istighotsah.

Terlaksananya pilkades dengan aman dan lancar di Desa Harjomulyo, lanjut Wabup, karena semua elemen ikut andil mewujudkan kondisi yang diharapkan. Atas capaian tersebut, Wabup menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

Kondisi yang kondusif itu tetap harus dijaga, baik selama Pilkades berlangsung maupun sesudah pesta demokrasi tersebut dilaksanakan. Wabup berharap, tasyakuran ini, dapat menggugah semua elemen masyarakat untuk merasa memiliki desanya, serta ikut memikirkan program yang akan dijalankan dengan potensi yang ada.

“Dalam membangun desa, jangan hanya bergantung kepada kepala desanya. Semua harus ikut berkontribusi dalam membangun desa. “Ketika potensi itu bisa digali dan dikontribusikan untuk membangun desa, maka desa tersebut akan lebih maju,” ujarnya.

Lebih jauh wabup berharap, semua calon kades berkampanye tentang program pembangunan desa. Kampanye ini lebih baik dibanding dengan mengemukakan kekurangan maupun keburukan pesaing.

Seperti diketahui, Pilkades serentak digelar pada bulan September ini. Ada 161 desa yang menggelar pesta demokrasi itu. Pemerintah Kabupaten Jember membagi pelaksanaannya dalam empat tahap. Tahap pertama telah berlangsung. Tiga tahap berikutnya akan berlangsung setiap hari Kamis.

Sementara itu, Kepala desa terpilih Harjomulyo, Kartono, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang datang dalam tasyakuran pilkades itu. “Terima kasih kepada semua sesepuh, saudara yang mau berkumpul, berdoa dan bersholawat bersama agar kedepannya dapat membawa keselamatan di dunia maupun di akhirat,” ujarnya.

Kartono yang terpilih lagi, berharap dapat bertugas dengan didampingi warga agar menjadi kades yang amanah dan mampu menjadikan Desa harjomulyo aman, tenteram dan makmur. Dia juga berjanji akan memperjuangkan hak-hak warga Desa Harjomulyo, juga akan membantu menyalurkan bantuan-bantuan atau program Pemerintah Kabupaten Jember.

Panitia Pilkades, Sukarsono, dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran masyarakat Harjomulyo. “Tasyakuran ini digelar karena pelaksanaan Pilkades Desa harjomulyo dapat berjalan sukses, aman, dan tidak ada kendala,” katanya.(*).