Hindari Pemilih Jatuh Pingsan Akibat Kepanasan, Bupati Sarankan Panitia Pilkades untuk Jemput Bola di Meja Pendaftaran

  • Whatsapp
Ajak calon kepala desa yang sedang berkompetisi untuk menjaga persatuan dan kesatuan, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, dalam kegiatan monitoring pelaksanaan Pilkades Serentak 2019, Kamis (12/9/2019).
Ajak calon kepala desa yang sedang berkompetisi untuk menjaga persatuan dan kesatuan, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, dalam kegiatan monitoring pelaksanaan Pilkades Serentak 2019, Kamis (12/9/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Tingginya partisipasi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi politiknya pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019, mengundang Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR untuk ikut memberi masukan kepada panitia penyelenggara. Ini dilakukan bupati, setelah melihat terjadinya antrian panjang akibat besarnya jumlah pemilih dan antusiasme masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya.

Saran bupati, agar pemilih yang antri tidak kepanasan perlu dilakukan pengaturan kembali. Ini perlu dilakukan, agar tidak ada pemilih yang pingsan akibat terlalu lama menunggu giliran mencoblos.

“Jadi, saya beri masukan kepada panitia, bahwa panitia di meja pendaftaran menjemput bola di depan, dengan pengawasan khusus,” ujar Bupati Faida, dalam kegiatan monitoring pelaksanaan pilkades serentak 2019, Kamis (12/9/2019).

Dengan diatur seperti itu, pemilih tidak akan merasa resah karena sudah terlayani, meski giliran nyoblosnya masih menunggu beberapa jam lagi. Hal yang perlu dilakukan lagi oleh panitia adalah menambah meja pendaftaran.

Penambahan meja ini bisa mempercepat pelayanan kepada pemilih yang datang untuk mengisi daftar hadir. Hanya saja, setelah mengisi daftar hadir, pemilih tidak perlu berdiri dalam antrian yang panjang.

Sementara itu, sembari memonitoring pelaksanaan pilkades, bersama tim satu Bupati Faida menyempatkan diri menyapa dan berjabat tangan dengan para calon. Menurut bupati, secara umum pemungutan suara dalam pelaksanaan pilkades serentak tahap kedua berjalan rapi.

Masyarakat pun tampak antusias menunaikan hak pilihnya. Pihak panitia juga menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Seperti memastikan warga yang datang ke tempat pemungutan suara benar-benar sesuai undangan.

Perhatian dan pelayanan panitia juga dinilai baik. “Saya lihat pelaksanaannya rapi, lancar. Masyarakat juga antusias luar biasa. Yang sepuh juga mendapat perhatian dan  pelayanan yang baik,” kata bupati

Dalam kegiatan monitoring pelaksanaan pilkades serentak tahap dua ini, bupati dalam Tim Monitoring 1 bersama anggota Forkopimda Jember. Kegiatan monitoring pelaksanaan pilkades dilakukan di wilayah Selatan Jember. Ada tiga kecamatan yang menjadi sasaran pantauan, yakni Rambipuji, Balung, dan Gumukmas. (*).