Kedubes Kanada Buka Peluang Kolaborasi dengan Pemkab Jember

Ramah tamah Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dengan Geoffrey Dean, Political Counselor dan Colin Wetmore, First Secretary, dari Kedubes Kanada, usai acara pertemuan di Ruang Tamyaloka, Pendopo Wahya Wibawagraha, Selasa (17/9/2019).
Ramah tamah Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dengan Geoffrey Dean, Political Counselor dan Colin Wetmore, First Secretary, dari Kedubes Kanada, usai acara pertemuan di Ruang Tamyaloka, Pendopo Wahya Wibawagraha, Selasa (17/9/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Political Counselor, Kedutaan Besar Kanada untuk Indonesia, Geoffrey Dean, menyampaikan, kunjungannya ke Jember yang untuk pertama kalinya, bermaksud mengeksplorasi dan membuat kesempatan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jember. Geoffrey mengaku tertarik datang ke Jember, karena mendengar hal-hal baik tentang Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dari media massa.

“Kami mendengar banyak hal bagus tentang Bupati Faida melalui media dan juga melalui penelitian. Untuk itu, kami datang untuk bisa berdiskusi dan ngobrol dengannya,” ujar Geoffrey Dean, dalam acara pembicaraan untuk kerja sama dengan Bupati Faida di Ruang Tamyaloka, Pendopo Wahya Wibawagraha, Selasa (17/9/2019).

Dalam pertemuan dengan bupati itu, Geoffrey Dean mengaku, banyak membicarakan tentang rencana untuk masa depan. Rencana itu dibuat karena ada potensi untuk kolaborasi antara Jember dengan Kanada.

“Kolaborasinya bisa jadi berbeda-beda. Itu hal yang kami mintai persetujuan di audiensi kali ini. Salah satuya tentang pendidikan. Tentu banyak potensi yang bisa menyebabkan kolaborasi,” kata Geoffrey Dean, yang dalam pertemuan dengan Buoati Jember itu didampingi Colin Wetmore, First Secretary, Kedubes Kanada.

Sementara Bupati Jember, Faida, pada acara pertemuan yang membahas berbagai program yang dapat dikolaborasikan antara Pemkab Jember dengan Pemerintah Kanada itu, mengatakan,

Atas kedatangan tamunya dari Kedubes Kanada itu, Bupati Jember, Faida, menyatakan, banyak hal yang bisa dikomunikasikan dengan Pemerintah Kanada melalui kedutaannya yang ada di Indonesia. “Diantaranya kita berharap mereka membantu kita kalau ada investasi ke Jember,” harap bupati.

Menurut bupati, dari pertemuan itu kedutaan Kanada sudah mencatat harapan dan prioritas dari Pemerintah Kabupaten Jember. Hal itu termasuk dukungan untuk penataan masterplan kota.

“Karena Kanada adalah salah satu kota modern yang mempunyai transportasi massal yang baik dan pengelolaan sampah yang baik,” terangnya.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban itu juga membahas tentang turis serta pendidikan. Untuk pendidikan, dimungkinkan adanya program yang bisa memberi kesempatan kepada siswa di Jember untuk belajar di di Kanada sebelum ke keperguruan tinggi.

“Program ini tidak terlalu lama. Sekitar dua minggu sampai satu bulan. Sehingga lebih banyak siswa berksempatan belajar di luar negeri, dan akan memberikan pengalaman yang berharga buat mereka,” kata bupati.(*).