Pelaku Pelemparan Kaca Mobil Tertangkap

  • Whatsapp
Pelaku pelemparan kaca mobil di Kecamatan Gumuk Mas, Yanto (37 tahun), warga Dusun Panggul Melati, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, digelandang petugas Polsek Gumuk Mas
Pelaku pelemparan kaca mobil di Kecamatan Gumuk Mas, Yanto (38 tahun), warga Dusun Panggul Melati, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, digelandang petugas Polsek Gumuk Mas

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Pelaku kejahatan yang sudah beberapa kali melakukan pelemparan mobil dengan batu, akhirnya tertangkap. Tersangka adalah, Yanto (38 tahun) asal Dusun Panggul Melati, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas.

Penangkapan terhadap Yanto ini menyusul tindak kejahatan yang dilakukannya pada Minggu malam (29/9/2019). Tersangka diamankan, karena melempar kaca mobil yang dikendarai Zainal Abidin (50 tahun) asal Dusun Sumberejo, Kecamatan Umbulsari, Jember, saat melintas di kawasan Pasar Muneng, Gumuk Mas.

Akibat tindakan yang dilakukan pelaku, kaca mobil milik Zainal pada bagian depannya pecah. Demikian pula isteri Jaenal, Endang Riwayati (40 tahun), yang ketika itu duduk di kursi mobil bagian depan, mengalami luka sobek pada bagian pelipis mata kirinya akibat terkena lemparan batu tersebut.

Kronologi peristiwa nahas itu, menurut Zainal, bermula ketika dirinya hendak pulang ke rumahnya di Umbulsari. Malam itu, dengan mengendarai mobil Colt warna hitam bernopol B 7429 JG, Zainal bersama istri dan anaknya baru pulang dari Jeni, Kepanjen, Kencong.

mobil Colt warna hitam bernopol B 7429 JG, milik Zainal Abidin, yang menjadi korban pelemparan batu, kaca bagian depannya hancur

“Saya semalam pulang dari kawasan Jeni Kepanjen hendak pulang ke Umbulsari sekitar pukul 20.00 WIB bersama anak dan istri saya. Saat melintasi kawasan pasar Muneng lalu bersalipan sama motor jenis Vario, tiba tiba terdengar benturan keras kaca pecah, saya spontan berhenti, karena mendengar istri saya teriak dan darah bercucuran kemana-mana mas,” ungkapnya.

Setelah melempar mobil yang dikendarainya, lanjut Zainal, pengendara motor Vario itu kabur kearah selatan. “Lalu saya ditolong warga sekitar membawa istri saya ke puskesmas untuk berobat,” jelasnya.

Akibat dari perbuatan yang dilakukan, pelaku saat ini diamankan bersama barang bukti berupa batu pondasi sebesar kepala yang digunakan untuk melempar kaca mobil milik Zainal Abidin. Dari hasil penyidikan terungkap, tindak kejahatan pelemparan mobil oleh pelaku ini, ternyata tidak hanya dilakukan sekali ini saja.

Sebelumnya pelaku juga sudah beberapa kali melakukan tindak kejahatan serupa di beberapa tempat. “Kami amankan pelaku semalam bersama barang bukti batu pondasi sebesar. Kami terus interogasi pelaku dengan kasus-kasus pelemparan kaca mobil di kawasan lain,” jelas Kapolsek Gumuk Mas, melalui Kanit Reskrim Polsek Gumukmas, Aiptu Amin Syahril SH.

Dari hasil pemeriksaan terungkap, sebelumnya pelaku mengaku juga pernah melempar sebuah bus yang melintas di jalan raya Gumuk Mas. Tapi lemparan batu itu mengenai mobil lain yang juga sedang melintas.(**UL).