Tahap Pertama Penyaluran Bantuan Rastrada 2019 Dipusatkan di Umbulsari

  • Whatsapp

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Penyaluran bantuan Beras Sejahtera Rakyat Daerah (Rastrada) 2019 digulirkan. Pelaksanaan penyaluran Rastrada 2019 ini, dibagi dalam 12 putaran dengan dipusatkan di Kecamatan Umbulsari, Jombang, Sumberbaru,Tanggul, Kalisat, Jelbuk, Silo, Ambulu, Jenggawah, Puger, Kaliwates dan Panti.

Putaran pertama, penyaluran rastrada yang akan dilaksanakan pada hari Senin 14 Oktober 2019 pukul 07.40 WIB, dipusatkan di Pondok Raden Rahmad Kecamatan Umbulsari. Penyaluran rastrada ini diperuntukkan pada wilayah sasaran Kecamatan Umbulsari dan Gumukmas dengan jumlah 351 keluarga penerima manfaat.

Di tahun 2019 ini telah disahkan sebanyak 7852 penerima Rastrada dari 31 kecamatan (165 desa) di Kabupaten Jember, dengan penerimaan 10 kg beras x 10. Sehingga setiap penerima akan memperoeleh 1 kuintal beras untuk jangka waktu 1 tahun.

Bantuan ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan pokok dari sasaran lansia, janda, maupun penerima lainnya yang sebelumnya telah diverivali oleh petugas di masing-masing wilayah kecamatan. Proses verivali bertujuan untuk cek penerima yang telah meninggal dunia, pindah tempat tinggal, memiliki atau tidak memiliki adminduk, dan lainnya. Selain itu, penerima Rastrada ini adalah mereka yang tidak mendapat bantuan pangan dari program PKH dan BPNT dari Pemerintah Pusat.

Rastrada di Kabupaten Jember telah digulirkan sejak tahun 2017 dengan total bantuan sebanyak 11.000 kg dan di tahun 2018 diberikan kepada 1.685 keluarga penerima manfaat (KPM).

Direncakan untuk tahap II, penyaluran bantuan Rastrada akan dilakukan pada Selasa, 15 Oktober 2019 yang dipusatkan di SMP 1 Islam Padomasan Kecamatan Jombang untuk wilayah penyaluran Kecamatan Jombang dan Kencong dengan total penerima sebanyak 702 KPM.

Penyaluran Rastrada ini merupakan salah satu wujud dari 22 janji kerja Bupati dan Wakil Bupati yakni jaminan kesejahteraan bagi lansia, anak-anak dan difabel di Kabupaten Jember. Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR berharap bahwa bantuan ini akan sedikit meringankan beban hidup keluarga tidak mampu dan lansia di Kabupaten Jember. (*).