Kumpulkan Orang Tua, untuk Mendorong Pemenuhan Hak Sipil Anak

  • Whatsapp
Wakil Bupati Jember, Drs. KH Abdul Muqit Arief, menyerahkan KIA secara simbolis kepada masyatakat di MTs Raden Rahmat, Kecamatan Umbulsari, Senin (14/10/2019).
Wakil Bupati Jember, Drs. KH Abdul Muqit Arief, menyerahkan KIA secara simbolis kepada masyatakat di MTs Raden Rahmat, Kecamatan Umbulsari, Senin (14/10/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Guna memberikan informasi sekaligus mendorong oemenuhan hak sipil anak, Pemerintah Kabupaten Jember, mengumpulkan orang tua agar membuatkan putera puterinya Kartu Identitas Anak (KIA). Pengumpulan orang tua ini dilakukan di wilayah kecamatan. Dalam kegiatan ini juga diberikan KIA kepada orang tua yang anaknya sudah tercatat dalam KIA.

Seperti pada kegiatan yang digelar di Kecamatan Umbulsari. Pada kegiatan itu Wakil Bupati Jember, Drs. KH Abdul Muqit Arief, memberikan secara simbolis 360 KIA.

Pemberian KIA itu dengan rincian, 81 kartu untuk penerima asal Kecamatan  Bangsalsari dan Umbulsari sebanyak 279 kartu. “Ini supaya masyarakat lainnya segera membuat KIA. Dan membantu pemerintah, karena tingkat kepemilikan KIA di Kabupaten Jember masih sangat rendah,” ujar Wabup Muqit Arief, pada acara pemberian KIA, di MTs Raden Rahmat, Kecamatan Umbulsari, Senin (14/10/2019).

KIA ini penting untuk data perlindungan anak. Ini juga untuk pemenuhan hak anak. Hal ini juga sangat diperlukan pemerintah manakala ada penyaluran program-program yang berkaitan dengan anak.

Pendistribusian KIA untuk Kecamatan Bangsalsari dan Umbulsari ini merupakan tahap pertama. Kepada para orang tua yang memiliki anak di bawah 17 tahun, Wabup mengimbau secepatnya meluangkan waktu untuk mengurus KIA.

“Kami harapkan masyarakat ikut menyosialisasikan kepada sekitarnya, lembaga-lembaga, sekolah-sekolah, dan tetangganya, tentang pentingnya KIA sebagai identitas anak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Isnaini Dwi Susanti, SH., MSi. mengatakan, ke depannya akan melaksanakan jemput bola dalam hal kepengurusan adminduk, utamanya KIA.

“Dengan mengirimkan surat, juga bagi masing-masing lembaga dan sekolah, untuk mempercepat pendaftaran KIA,” jelasnya.

Isnaini Dwi Susanti mengatakan, target akhir tahun 2019 sampai 50 persen anak sudah memiliki KIA. Tahun 2020 bisa 100 persen semua anak memiliki KIA.

Selain mengirim surat, ada berbagai hal yang sudah dilakukan Dispendukcapil dalam mempercepat kepemilikan KIA. Salah satunya, memberikan KIA ketika ada orang tua dari bayi baru lahir yang mengurusi akta kelahiran.

Ketua MWC NU Umbulsari, Imam Shodiq S.Pd. mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jember melalui Bupati Faida dan Wabup Kiai Muqit yang telah memberikan banyak program yang bermanfaat untuk masyarakat. Imam Shodiq juga mengucapkan terima kasih atas  penyerahan KIA yang penting sebagai identitas anak, juga untuk pemenuhan hak anak. (*).