Dua Puluh Bidan Terpilih Ikuti Diklat APN

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Melihat pentingnya peran bidan dalam pemberian layanan kepada ibu hamil dan melahirkan serta bayi, Pemkab Jember menggelar Diklat Asuhan Persalinan (APN). Terpilih 20 bidan di lingkup Pemkab Jember untuk mengikuti APN Angkatan I tahun 2019, yang dimulai dari tanggal 17 hingga 26 Oktober 2019.

Diklat APN untuk kalangan bidan ini dinilai cukup penting. Mengingat fungsi mereka untuk menjaga kelangsungan hidup dan memberikan derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayi melalui berbagai upaya terintegrasi.

Melalui diklat APN ini, setidaknya kompetensi mereka akan semakin baik. Karena keahlian dan keterampilan mereka terkait tindakan yang harus dilakukan dalam persalinan, akan semakin bertambah.

Mereka juga bisa membentuk tim persalinan yang berkeahlian dan handal dalam persalinan dan memiliki konsep tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi. Dalam diklat ini juga diberlakukan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep serta diberikan contoh aplikasinya. Juga mendiskusikan proses dan hasil latihan dan metode pembelajaran lainnya.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR berharap dengan diklat APN ini akan meningkatkan keahlian bidan dan tenaga kesehatan yang berkaitan dengan persalinan. Sehingga angka kematian ibu dan bayi dalam proses dan pasca persalinan, bisa ditekan. (*).