Pemprov Jatim Segera Petakan Kelanjutan Pembangunan Jalur Lintas Selatan

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, dalam acara pelantikan Taruna SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Jember.
Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, dalam acara pelantikan Taruna SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Jember.

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan segera memetakan kelanjutan pembangunan Jalur Lintas Selatan, yang berada di kawasan pantai selatan Pulau Jawa bagian timur. Ada beberapa daerah yang mendapat prioritas penanganan untuk penyelesaian kelanjutan pembangunan JLS itu.

“Lotnya ada 4, yang didanai Islamic Devolepment Bank. Ada yang di Malang, Lumajang terusan Jember, ada yang di Blitar, Trenggalek, Tulung Agung,” ujar Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur, kepada sejumlah wartawan, dalam acara pelantikan Taruna SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Jember, beberapa waktu lalu.

Empat lot pembangunan lanjutan JLS ini, menurut Emil, akan segera dipetakan untuk dilaksanakan dalam lima tahun ke depan. “Ibu gubernur (Khofifah Indar Parawansa,red) memetakan, mana saja yang dijadikan prioritas untuk dilaksanakan dalam lima tahun ke depan, sehingga tersambung semua,” jelasnya.

Pemprov ingin segera menyelesaikan jalan (JLS) yang menghubungkan Puger dengan wilayah Lumajang. Setelah Puger – Lumajang tuntas, pembanguan akan diteruskan hingga Glenmore, Banyuwangi.

“Jadi kita ingin menghubungkan Puger ke arah Lumajang bisa tuntas, dan untuk jangka panjang ke arah Glenmore. Dampit ke arah Lumajang jadi prioritas untuk dibenahi,” paparnya.

Dikatakan, untuk penyelesaian pembangunan JLS, tidak mungkin mengandalkan anggaran dari propinsi. “Makanya kami mencoba ini kita komunikasikan dengan pusat, strategi pembiayaan apa yang akan dilakukan,” imbuhnya. (**UL).