Kafilah Jember yang akan Mengikuti MTQ XXVIII di Tuban, Bisa Menjadi Benih Penyebar Kemampuan Baca Al Qur’an

  • Whatsapp
Wakil Bupati Jember, Drs KH Muqit Arief, saat menerima Kafilah Jember yang akan mengikuti MTQ  XXVIII tahun 2019 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Tuban, di Ruang Lobi Bupati, Kamis (24/10/2019).  
Wakil Bupati Jember, Drs KH Muqit Arief, saat menerima Kafilah Jember yang akan mengikuti MTQ  XXVIII tahun 2019 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Tuban, di Ruang Lobi Bupati, Kamis (24/10/2019).
 

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief berharap, kafilah Jember yang akan mengikuti MTQ  XXVIII tahun 2019 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Tuban, bisa menjadi benih penyebar kemampuan membaca AL Qur’an. Penyebar kemampuan baca AL Qur’an itu utamanya untuk kalangan generasi muda

“Menjadi benih-benih yang mampu menyebarkan kemampuan baca Al Qur’an di kalangan generasi muda di Kabupaten Jember,” harap Wabup Muqit Arief saat bertemu Kafilah Jember di Ruang Lobi Bupati, Kamis (24/10/2019).

Pengenalan Al Qur’an pada generasi muda, menurut wabup, sangat bagus untuk diterapkan pada anak usia dini. “Karena mengajarkan anak Al-Qur’an saat masih kecil ini bisa sangat terpatri di hati dan sanubari anak-anak untuk mencintai Al-Qur’an,” ungkap Wabup.

Semakin banyaknya generasi muda, khususnya di usia dini, yang sudah bisa membaca Al-Quran dan sudah bisa menghafal Al-Quran. Para penghafal itu akan dikawal. “Hal ini sesuai dengan Kabupaten Jember yang dikenal kota religius dan agamis, salah satunya ditandai dengan semakin banyak orang yang bisa melek Al-Quran juga bisa menghafal Al-Qur’an,” terang Wabup.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Mental Setda Kabupaten Jember Bambang Saputro, SH, M.Si, menjelaskan, Kabupaten Jember pada MTQ di Tuban dari tanggal 24 Oktober sampai 02 November 2019, akan mengikuti 3 kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain, MTQ, Pawai Ta’aruf, dan pameran produk unggulan Kabupaten Jember.

Ada tujuh cabang yang dilombakan dalam MTQ kali ini, yakni Tilawah Al-Qur’an , Hifzh Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Syahril Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an , Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ), dan Khath Al-Qur’an. (*)