Jember Dragon Boat Festival, Lomba Dayung Nasional Pertama di Jember, Diikuti 496 Atlet

  • Whatsapp
Peserta lomba dayung tingkat nasional Jember Dragon Boat Festival, berpacu memperebutkan Bupati Cup 2019, Pantai Payangan, Ambulu, Sabtu (26/10/2019).
Peserta lomba dayung tingkat nasional Jember Dragon Boat Festival, berpacu memperebutkan Bupati Cup 2019, Pantai Payangan, Ambulu, Sabtu (26/10/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Jember Dragon Boat Festival memperebutkan Bupati Cup 2019, lomba dayung pertama tingkat nasional yang digelar di Jember. Lomba dayung ini, digelar di Pantai Payangan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Lomba yang berlangsung dua hari, 26-27 Oktober 2019 ini, melibatkan 48 tim dengan 496 atlet serta 54 official yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. “Jember memiliki venue, yakni Pantai Payangan, yang dikembangkan untuk menjadi venue lomba dayung nasional,” terang Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam pembukaan Jember Dragon Boat Festival Bupati Cup 2019, di Pantai Payangan, Ambulu, Sabtu (26/10/2019).

Lomba dayung ini sebagai kegiatan pendongkrak, untuk pengembangan pantai pariwisata menjadi arena lomba dayung. Untuk kegiatan ini, pemerintah menggandeng Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) serta Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya (Lantamal V Surabaya).

Direncanakan, kegiatan lomba dayung ini, akan digelar pada tahun-tahun berikutnya. Kegiatan ini akan menjadi media pencarian bibit atlet dayung dari Jember maupun daerah lain di Jawa Timur.

Sebagai arena olahraga dayung, Pantai Payangan diharapkan mampu mengembalikan kejayaan Jawa Timur sebagai gudangnya atlet dayung nasional.

Jember yang memiliki banyak wilayah maritim perlu dikenalkan kepada dunia sekolah dan para pemuda. Melalui lomba dayung ini diharapkan mereka berlatih olahraga dayung.

“Saya yakin, bukan hanya menjadi tempat pariwisata, Pantai Payangan ini juga akan menjadi venue olahraga nasional bidang dayung,” ungkap Bupati.

Pada momen lomba olahraga ini, pemerintah juga menggelar lomba fotografi. Juga ada lomba mewarnai bagi anak-anak serta lomba bakar ikan. “Tidak lupa mengembangkan kuliner bahari asli Jember. Saya harap kegiatan ini menjadi pengungkit ekonomi kerakyatan,” pungkas Bupati.

Ketua PODSI Laksma TNI Edwin, SH mengatakan, Jawa Timur pernah berjaya pada momen-momen lomba dayung pekan olahraga nasional.”Dan saat ini kita butuh bibit-bibit baru,” ungkapnya.

Pemerintah Kaupaten Jember, menurut Edwin, menyambut baik untuk pencarian bibit atlet, dengan lomba dayung yang digelar di Pantai Payangan, Ambulu. Edwin melihat masih banyak potensi bahari di Jember yang bisa dikembangkan.

Bahkan Ia juga melihat, minat anak muda untuk ikut lomba dayung cukup tinggi. Potensi ini, kata Edwin, ke depan bisa dikembangkan menjadi atlet. (*).