Dari 53 yang Mendaftar, Hanya 42 Pejabat yang Lolos Seleksi Administrasi

  • Whatsapp
Seleksi kompetensi manajerial (assessment), yang berlangsung selama dua hari di BKN Regional II Surabaya, Kamis dan Jumat, 24-25 Oktober 2019

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Seleksi terbuka untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember memasuki tahapan kedua. Kali ini, peserta yang mengikuti assessment sebanyak 42 orang.

“Dari 53 pendaftar terdapat 42 orang lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia seleksi,” jelas Yuliana Harimurti, SE, M.Si, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Jember, Minggu (27/10/2019).

Tahapan ini berupa seleksi kompetensi manajerial (assessment), yang berlangsung selama dua hari di BKN Regional II Surabaya, Kamis dan Jum’at, 24-25 Oktober 2019. Para pendaftar menjalani proses assessment oleh para assessor dari Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Tahapan penilaian yang dilalui yaitu proposal writing, psikotes dengan menggunakan metode CAT, diskusi grup, dan wawancara. “Hasil assessment akan dipergunakan untuk tahapan seleksi berikutnya,” terang Yuliana.

Dikatakan, tahapan seleksi jabatan terbuka berikutnya yakni penulisan makalah atau uji gagasan yang akan digelar di Kabupaten Jember pada Senin, 04 November 2019. Pada tahap ini, peserta diminta membuat makalah yang dikerjakan di tempat, untuk kemudian dinilai oleh tim Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

BKPSDM Kabupaten Jember berharap assessment yang dijalani peserta dapat memperoleh data kompetensi masing-masing peserta. Dengan begitu, kualifikasi yang dipersyaratkan dalam jabatan yang dipilih masing-masing peserta bisa terpenuhi.

Mengenai anggaran penyelenggaraan seleksi jabatan terbuka ini, Yuliana menjelaskan, menggunakan APBD Kabupaten Jember 2019 di pos BKPSDM. (*)