Jember Dragon Boat Festival, untuk Persiapan ASEAN Games 2022

  • Whatsapp
Jember Dragon Boat Festival, di Pantai Payangan, Ambulu, Jember, Minggu (27/10/2019).
Jember Dragon Boat Festival, di Pantai Payangan, Ambulu, Jember, Minggu (27/10/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Penyelenggaraan lomba dayung tingkat nasional, Jember Dragon Boat Festival, yang untuk kali pertama digelar di Jember, berjalan sukses sesuai harapan. Kejuaraan dayung memperebutkan Bupati Cup 2019 bertaraf nasional ini, berhasil mencatatkan prestasi tersendiri di bidang olahraga air.

Wakil Ketua Umum PB PODSI Nasional, Hari Sidharta, menyampaikan, kejuaraan yang berlangsung selama dua hari, 26-27 Oktober, meski baru pertama kali diselenggakan, tetapi berjalan sesuai aturan.

“Untuk menjadi atlet nasional dan internasional untuk dayung sangat mudah dibanding dengan yang lain, karena piala yang diperebutkan tidak hanya satu. Semoga ini bisa dicapai dengan pertandingan yang secara rutin dilaksanakan,” terang Hari Sidharta, pada acara penutupan Jember Dragon Boat Festival, di Pantai Payangan, Ambulu, Jember, Minggu (27/10/2019).

Jember Dragon Boat Festival, yang diselengarakan di pantai selatan Jember ini, kata Hari, sebegai persiapan untuk menghadapi ASEAN Games 2022. “Banyak atlet di sini yang bisa maju menjadi atlet nasional dan internasional. Saya berharap dengan Bupati yang begitu antusias dalam perlombaan ini. Saya yakin Jember akan bisa maju lebih pesat,” tandasnya.

Wakil Ketua Umum PODSI Jatim, Kolonel Admu Edi, menambahkan, momentum lomba ini untuk mencari bibit nasional maupun internasional. Sedang bagi Pemerintah Kabupaten Jember, momentum ini sekaligus untuk wisata kuliner dan wisata olahraga.

“Sesuai tujuan Bupati Jember, ini akan menjadi event tahunan, yang saat ini di tingkat nasional. Semoga nanti bisa menjadi tingkat internasional,” harapnya.

Dementara Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ni Ketut Ardani S. Psi M. Kes, menandaskan, bahwa pencapaian prestasi di bidang olahraga air ini perlu adanya sinergi dengan pihak-pihak terkait. Dengan begitu, kejuaraan tersebut mampu melahirkan atlet-atlet dayung yang berkulitas.

“Pembinaan atlet pun perlu dilakukan melalui penyelenggaraan berbagai kejuaraan secara berkelanjutan, seperti Jember Dragon Boat Festival ini,” kata Bupati Faida.

Disampaikan, kesabaran dan pengorbanan harus diwujudkan secara konsisten dalam bingkai kerjasama dan kemitraan yang harmonis dengan semua pihak dalam upaya pencapaian prestasi di bidang olahraga air ini. Kejuaraan lomba dayung yang dikemas dengan tajuk Jember Dragon Boat Festival ini, menjadi tahapan strategis untuk mengembangkan minat, bakat, potensi, dan prestasi atlet daerah untuk menjadi kebanggaan daerahnya masing-masing di kemudian hari.

“Selamat kepada tim Kejurnas Jember Dragon Boat yang telah berhasil meraih predikat juara pada hari ini. Saya berharap, prestasi yang diraih ini dapat memacu dan memotiviasi tim untuk bermain dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Bupati berpesan, bagi yang belum berhasil pada kesempatan ini, hendaknya tidak putus asa. Sebaliknya, harus terus berlatih, karena peluang prestasi masih terbuka di lain kesempatan.

Ditambahkan, kegiatan ini awalnya dilaksanakan dalam rangka mengenalkan cabang olahraga dayung kepada masyarakat Jember dan sekitarnya. Khususnya dalam upaya pengembangan salah satu olahraga air.

Akan tetapi setelah melihat tingginya animo masyarakat, ditambah sukses penyelenggaraannya, direncanakan olahraga air ini akan dikembangkan melalui pembinaan dan motivasi kepada masyarakat, khususnya kepada para peminat olahraga dayung. “Upaya pembinaan ini, dilakukan melalui penyelenggaraan kejuaraan secara berkelanjutan melalui tahapan strategis,” ungkapnya.(*).