Sudah Saatnya Pemuda Masa Kini Mempersiapkan Diri Raih Prestasi, Torehkan Tinta Emas

  • Whatsapp
Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, bersama Inspektur Upacara, Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, menyerahkan penghargaan kepada pemuda berprestasi usai upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91, di Alun-alun Jember, Senin (28/10/2019).

< Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, bersama Inspektur Upacara, Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, menyerahkan penghargaan kepada pemuda berprestasi usai upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91, di Alun-alun Jember, Senin (28/10/2019).[/caption]

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Semangat dan tekad para pemuda pada masa lalu hingga berbuah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, haruslah ditindaklanjuti pemuda masa kini dengan mengisi kemerdekaan yang telah diraih tersebut. Karena berkat Sumpah Pemuda yang dicetuskan kalangan muda pada masa itu, telah menjadikan bangsa ini bebas menentukan nasibnya.

Sumpah Pemuda yang dicetuskan 17 tahun sebelum Proklamasi Kemerdekaan 1945, dikumandangkan, merupakan embrio dari kemerdekaan bagi bangsa dan negara ini. Sumpah pemuda merupakan tinta emas yang ditorehkan oleh para pemuda kala itu, karena menjadi awal dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kemerdekaan itu kini telah diraih dan dirasakan oleh bangsa dan pemuda Indonesia. Karena itu, sudah semestinyalah para pemuda masa kini mempersiapkan diri untuk meraih prestasi, menorehkan tinta emas demi kejayaan Bangsa Indonesia.

“Sudah saatnya pemuda di era sekarang harus mengupayakan untuk bisa mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah dan mengorbankan jiwa raga ini,” kata Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, usai mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91, di Alun-alun Jember, Senin (28/10/2019).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini diikuti peserta dari berbagai elemen pemuda di Kabupaten Jember dengan inspektur upacara Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal. Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. dan Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief bersama unsur Forkopimda Kabupaten Jember, hadir pada kegiatan ini.

Dalam upacara tersebut, Wabup menjelaskan adanya penyerahan penghargaan kepada para juara dan warga yang bertahun-tahun berpartisipasi dalam lomba Gerak Jalan Tajemtra. Salah satunya Tukimin, pria berusia 113 tahun.

“Ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa, dan betul-betul menginspirasi kita semua, dan sebagai contoh untuk generasi muda kita,” tegas Wabup.

Inspektur upacara, Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal, dalam pidatonya membacakan sambutan Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga RI, M. Hanif Dhakhiri, menyampaikan, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, bertanggung jawab, jujur, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ucapnya.

Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia. “Saya harap ke depan, akan banyak muncul tokoh-tokoh muda Indonesia yang mendunia,” harapnya.

Pemuda tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi. “Tapi harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Kapolres.(*)