Ingatkan Orang Tua Agar Tidak Membiarkan Putera Puterinya Jajan Sembarangan

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, menyerahkan KIS kepada masyarakat yang berhak menerima dalam kegiatan Penyaluran KIS JKN, di Masjid Al-Habsy, Perumahan Pesona Regency, Kecamatan Patrang, Jumat (08/11/2019).
Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, menyerahkan KIS kepada masyarakat yang berhak menerima dalam kegiatan Penyaluran KIS JKN, di Masjid Al-Habsy, Perumahan Pesona Regency, Kecamatan Patrang, Jumat (08/11/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Banyaknya makanan atau jajajanan yang mengandung bahan kimia, perlu mendpat perhatian dari masyarakat dan orang tua. Mengingat, makanan dan jajanan yang seperti ini, tidak hanya dijual bebas di pasar dan lingkungan masyarakat, tapi juga di sekitar sekolah.

Sehingga sangat mungkin makanan dan jajanan tersebut dikomsumsi anak-anak. Sebab itu, Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, perlu mengingatkan dan mengajak para orang tua untuk memperhatikan anak dan cucu dengan memberikan makanan yang sehat.

“Makan makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan juga tidak jajan sembarangan,” kata Wabup Muqit Arief, dalam kegiatan Penyaluran KIS JKN, di Masjid Al-Habsy, Perumahan Pesona Regency, Kecamatan Patrang, Jumat (08/11/2019).

Makan makanan yang sehat, lanjut wabup, harus disosialisasikan, agar masyarakat bisa menuju hidup sehat, menuju Jember sehat. Mengingat, bahan kimia yang berada di jajanan anak-anak sudah sedemikian banyak.

Bahan kimia yang ada pada jajanan anak-anak itu, seperti pengawet makanan, perasa makanan, maupun pemanis makanan. “Anak-anak zaman dulu minum teh dari teh bubuk asli yang diberi air hangat. Tetapi, saat ini anak-anak sudah mudah mengonsumsi teh kemasan yang banyak dijual,” ungkap wabup.

Oleh karena itu, pola hidup mengonsumsi makanan maupun jajanan yang banyak mengandung bahan kimia ini harus mulai ditinggalkan. Karena menuju Jember sehat tidak cukup hanya dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang saat ini sedang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

“Pelan-pelan mengubah kehidupan dengan pola hidup sehat, seperti lingkungan yang bersih, makanan sehat, hidup sehat dengan berolahraga dan istirahat yang cukup,” jlentreh wabup.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Wahyu Setyo H. S.KM, M.Si., melaporkan, penyaluran KIS-JKN di Kecamatan Kaliwates tercatat 2.617 jiwa penerima KIS. Untuk Kecamatan Patrang terdapat 2.419 jiwa penerima. Total KIS yang disalurkan sebanyak 5.036 kartu dari 3.036 kepala keluarga.

Selain menyerahkan KIS, kegiatan ini juga untuk menyalurkan bantuan bagi masjid. Pemerintah Kabupaten Jember membantu Masjid Al-Habsy berupa paving jalan di halaman masjid. (*).