Hari Pahlawan, Dengan Prestasi Membanggakan Kita Bisa Memberikan Warna Bagi Bangsa Ini

  • Whatsapp
Sekda Kabupaten Jember, Ir Mirfano, memberikan tali asih dari Pemerintah Kabupaten Jember kepada veteran, dalam acara anjangsana memperingati Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).
Sekda Kabupaten Jember, Ir Mirfano, memberikan tali asih dari Pemerintah Kabupaten Jember kepada veteran, dalam acara anjangsana memperingati Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Era sudah berubah, pun tuntutan kepada anak bangsa juga berbeda dari sebelumnya. Jika di era revolusi kemerdekaan 1945, seluruh anak bangsa dituntut untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih, maka pada era masa kini, tuntutan kepada anak bangsa, bagaimana menorehkan prestasi yang membanggakan guna dipersembahkan bagi bangsa ini.

“Karena dengan prestasi yang membanggakan kita bisa memberikan warna bagi bangsa kita,” kata Letkol. Inf. Laode M. Nurdin, Komandan Kodim 0824 Jember, kepada wartawan usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun Jember, Minggu (10/11/2019).

Dikatakan dandim, para veteran yang masih ada saat ini, adalah sebagai teladan bangsa untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Karena itu, bagi generasi muda, harus mengisi kemerdekaan yang telah dipersembahkan oleh para pendahulu dengan memberikan prestasi untuk bangsa ini.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang tahun ini mengangkat tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, dimulai dengan melakukan ziarah di TMP Patrang, anjangsana di perwakilan veteran dan silaturahmi ke panti asuhan di Kecamatan Patrang.

Kegiatan berkunjung ke veteran, terangnya, bertujuan menghormati sesepuh yang masih ada. “Kami sebagai generasi penerusnya mencoba memberikan warna sebagai pahlawan masa kini, dengan meningkatkan kepedulian kepada veteran dan warakawuri yang ada,” ungkapnya.

Kepedulian itu telah ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember, dengan memberikan tali asih kepada para veteran dan warakawuri yang ada di Kabupaten Jember.

“Bagaimana kita bisa memiliki rasa peduli kepada para veteran yang ada, karena merekalah yang memberikan bukti nyata kepada bangsa,” lanjutnya.

Sebagai generasi muda, tegas Dandim, harus bisa melanjutkan cita-cita mereka yaitu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dandim menjelaskan, untuk menjaga keutuhan negara itu, khususnya Kabupaten Jember, dengan cara bersinergi.

“Artinya, kita jangan mudah terpecah belah dan terprovokasi. Kita adalah bangsa yang besar, cinta damai. Dengan kebersamaan, kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada untuk kemajuan bangsa dan Kabupaten Jember sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, Prayitno yang merupakan salah satu veteran tahun 1975, berharap kepada generasi muda untuk melanjutkan perjuangan. “Untuk kelanjutannya, Pancasila itu harus dijalankan dan diamalkan,” tegasnya.

Sedangkan Ketua Veteran Cabang Jember, Sunyato, berpesan agar generasi muda meneladani para pahlawan dan tidak melupakan sejarah. Tentang tali asih dari Pemerintah Kabupaten Jember, Sunyato menyampaikan bahwa ini sebagai penghargaan “Dukungan semangat dari bupati dan ini bentuk perhatian pemerintah,” jelasnya. (*)