Sosialisasi Dispenduk Capil di Sekolah, Selain untuk Akselerasi Kepemilikan Akta Lahir dan KIA, Juga Bisa Mendengar Keluhan Guru Soal Adminduk

  • Whatsapp
Sosialisasi Akselerasi Kepemilikan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak
Sosialisasi Akselerasi Kepemilikan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), terus mencari terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Satu dari terobosan yang dilakukan, yakni melakukan sosialisasi Akselerasi Kepemilikan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara menyeluruh di beberapa sekolah di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

“Kami sangat senang, karena bisa menyapa secara langsung para guru-guru. Kami juga senang bisa mendengarkan secara langsung apa yang menjadi keluhan mereka mengenai Adminduk, terutama untuk anak-anak didiknya yang menjadi target utama kami dalam sosialisasi ini,” ujar Isnaini Dwi Susanti, SH. Kepala Dispendukcapil, Kabupaten Jember.

Dengan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan, para guru di sekolah dasar yang ada di Jember bisa membantu menyukseskan program pemenuhan kepemilikan Akta Kelahiran dan KIA. Demikian pula para guru dan kepala sekolah, diharapkan bisa menyampaikan persoalan-persoalan tentang adminduk kepada Dispendukcapil.

“Selepas kegiatan sosialisasi, nantinya akan kita bentuk grup whatsapp untuk mengkoordinir pengurusan Akta Kelahiran dan KIA. Dan di grup ini juga, para guru maupun kepala sekolah bisa menyampaikan keluhan-keluhannya mengenai Adminduk yang lain,” terangnya.

Tidak hanya itu, dengan acara sosialisasi ini, bisa terjalin komunikasi yang baik dengan para guru serta kepala sekolah yang menjadi tamu undangan dalam pengurusan Akta Kelahiran dan KIA yang dilakukan secara kolektif di sekolahnya melalui kantor kecamatan setempat. “Pengurusan Akta Kelahiran dan KIA ini nantinya akan dilakukan secara kolektif. Kita tidak menargetkan harus cepat selesai, tetapi biarkan berjalan seperti air mengalir, yang terpenting tidak terputus di tengah jalan,” harapnya. (*)