Manfaatkan Setiap Kesempatan, di Watam pun Dispenduk Capil Gelar Layanan Adminduk

  • Whatsapp
Isnaini Dwi Susanti, Kepala Dispenduk Capil Jember, di stand layanan adminduk di lapangan Ambulu, Sabtu (07/12/2019).
Isnaini Dwi Susanti, Kepala Dispenduk Capil Jember, di stand layanan adminduk di lapangan Ambulu, Sabtu (07/12/2019).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Tak mau kehilangan momen, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember, hadir di acara Gerak Jalan Tradisional Watu Ulo – Ambulu (Watam). Kehadiran dispenduk capil di setiap tempat berkumpulnya orang, termasuk Watam ini, dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat terkait kepemilikan administrasi kependudukan (adminduk).

Stand dispenduk capil yang dibuka di lapangan Ambulu itu, untuk layanan On The Spot berupa pengajuan cetak KTP-el, KK, Akta Kelahiran serta sosialisasi/edukasi Admindukcapil kepada masyarakat. Adminduk yang diajukan masyarakat, ditargetkan selesai pada hari Kamis, pekan depan, dan bisa langsung diambil di kantor Kecamatan Ambulu.

Kepala Dispenduk Capil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., mengatakan, layanan OTS ini diberikan dengan tujuan menekan kebutuhan Adminduk terutama bagi masyatakat sekitar kecamatan Ambulu. Target yang ingin diraih adalah peserta Gerak Jalan Watam serta warga lainnya.

“Seperti biasa, tujuan kami adalah menekan kebutuhan adminduk bagi masyarakat yang belum memiliki. Selain itu adalah untuk memberikan sosialisasi adminduk kepada masyarakat, baik yang hanya sekedar bertanya maupun yang mengajukan dengan melampirkan persyaratan lengkap,” jelas Santi saat diwawancarai di stan Dispenduk Capil di acara Gerak Jalan Tradisipnal Watam, Sabtu (07/12/2019)..

Stand yang didirikan Dispendukcapil Jember pada kegiatan Watam, dibuka mulai pukul 15.30 hingga kegiatan selesai. Layanan terus berjalan meski ketika itu sempat turun hujan.

Dikatakan Santi, kegiatan itu mesti dilakukan dengan sepenuh hati, apapun kondisi di lapangan. Karena pihaknya dituntut untuk melayani masyarakat dengan sebaik mungkin.

“Kami ini pelayan masyarakat, jadi kami harus siap melayani, apapun yang terjadi pada saat kami melayani. Karena prinsip kami adalah kebutuhan dan hak-hak masyarakat bisa terpenuhi, dalam hal ini adalah adminduk,” paparnya.

“Yang pasti, kami akan terus bersinergi dengan instansi dan OPD lain dalam pelayanan ini, terutama pada saat ada event-event yang mendatangkan keramaian masyarakat seperti Watam ini,” imbuhnya. (*)