Warga Gunung Gambir Nikmati Jalan Beraspal Setelah 74 Tahun Indonesia Merdeka

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam acara tasyakuran selesainya pembangunan 4 infrastruktur di Kecamatan Sumberbaru, Kamis (16/01/2020).
Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam acara tasyakuran selesainya pembangunan 4 infrastruktur di Kecamatan Sumberbaru, Kamis (16/01/2020).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Begitu besar rasa senang warga yang tinggal di Dusun Lanasan, Desa Gelang, dan Kebun Gunung Gambir, Kecamatan Sumberbaru, setelah jalan yang sehari-hari biasa dilalui untuk beraktifitas berubah dari jalan berbatu menjadi jalan beraspal yang mulus. Pastilah rasa senang itu dirasakan dan dinikmati warga, karena sejak negeri ini merdeka, baru kali ini warga di kawasan tersebut bisa menikmati jalan yang tanpa gronjalan.

“Akhirnya, setelah kurang lebih 74 tahun, warga Gunung Gambir bisa menikmati jalan yang diaspal,” ungkap Ir. Hendriyanto, Manajer Kebun Gunung Gambir, PTPN XXII, dalam acara tasyakuran selesainya pembangunan 4 infrastruktur di Kecamatan Sumberbaru, Kamis (16/01/2020).

Rasa terima kasih itu pantas disampaikan, setelah selama berpuluh-puluh tahun warga berharap memiliki jalan beraspal. Baru setelah kepemimpinan Bupati Jember, dr. Faida. MMR, jalan tersebut diaspal.

Realisasi pembangunan tersebut antara lain, jalan aspal, jalan paving, sarana MCK (mandi, cuci, kakus), serta penerangan jalan umum (PJU). Realisasi pembangunan infrastuktur tersebut menurut, Bupati Faida, merupakan buah dari komitmen warga setempat bersama bupati.

“Komitmen masyarakat yang berjanji untuk tetap menyekolahkan anak minimal sampai jenjang SMA, dan tidak dinikahkan dini,” katanya.

Disampaikan bupati, bantuan pemerintah yang sudah direalisasikan di Kecamatan Sumberbaru, diantaranya PJU di Desa Yosorati sebanyak 78 titik. “Di Desa Sumberagung ada 16 titik, di Desa Kaliglagah ada 15 titik, dan di Desa Gelang terdapat 15 titik,” jelasnya.

Sedang pavingisasi jalan untuk kelancaran menuju Pondok Pesantren Raudhatul Ulum yang direalisasikan seluas 200 meter persegi. Pavingisasi jalan ini juga dilaksanakan di tiga lokasi lainnya.

Ada pula bantuan pembangunan sarana MCK komunal sebanyak 7 paket. “Karena diketahui masih banyak masyarakat yang masih ke sungai untuk mandi dan buang air,” ujarnya.

Bupati mengajak masyarakat untuk tidak lupa bersyukur atas telah direalisasikannya pembangunan tersebut, “Jangan lupa bersyukur, sekarang aspal sudah mulus dan bisa digunakan untuk aktifitas,” ujarnya.

Pengaspalan jalan hingga menjadi bagus dan tidak lagi menyusahkan pengguna jalan ini, lanjut bupati, berdampak semakin meningkatnya kunjungan wisawatan ke terhadap Gunung Gambir yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata. “Gunung Gambir semakin eksis di masyarakat. Masyarakat bisa berwisata dengan nyaman atas adanya bantuan jalan,”  terangnya.

Pembangunan sejumlah sarana publik tersebut, tambah Ustadz Syamsul Arifin, merupakan wujud respon dari Bupati Faida. “Baru kali ini, akhirnya ada yang mengaspal jalan di daerah sini,” imbuh Ust Syamsul Arifin, tokoh masyarakat setempat.

Sementara bantuan lain yang diserahkan pada acara itu, yakni Al Qur’an Braille, operasi katarak, operasi prostat, hingga operasi tumor otak. Para penerima bantuan itu hadir dalam acara tasyakuran tersebut. (*).