Masjid Tidak Hanya Berfungsi Sebagai Tempat Sholat dan Tadarus, Tapi Juga untuk Pemberdayaan Masyarakat

Rapat Kerja Pimpinan Daerah Pengurus Dewan Masjid Indonesia (PD PDMI) Kabupaten Jember masa bakti 2019-2021, di Pendopo Wahya Wibawagraha, Selasa (21/1/2020).
Rapat Kerja Pimpinan Daerah Pengurus Dewan Masjid Indonesia (PD PDMI) Kabupaten Jember masa bakti 2019-2021, di Pendopo Wahya Wibawagraha, Selasa (21/1/2020).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, mengatakan, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk sholat dan tadarus, tapi juga berfungsi untuk pemberdayaan masyarakat. Peran masjid sangat besar untuk difungsikan sebagai penggerak kegiatan keummatan.

Saat ini, dari sekian banyak masjid yang ada di Kabupaten Jember, beberapa diantaranya terlihat tampak bagus. Baik dari segi fisiknya maupu manajemennya

Tapi juga sebaliknya, tidak sedikit juga masjid yang ada di Jember kondisinya tidak bagus, meski sudah ada takmirnya. Karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan kondisi masjid yang kurang baik ini, perlu adanya koordinasi dan kerjasama pengurus antar-masjid.

“Mengapa tidak. Pengurus masjid yang bagus dan takmirnya bekerjasama dengan masjid yang tertinggal untuk memajukan masjid,” kata Wabup Muqit Arief, dalam acara pembukaan Rapat Kerja Pimpinan Daerah Pengurus Dewan Masjid Indonesia (PD PDMI) Kabupaten Jember masa bakti 2019-2021, di Pendopo Wahya Wibawagraha, Selasa (21/1/2020).

Wabup yakin, dengan koordinasi dan kerjasama tersebut, akan bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan masjid di Kabupaten Jember. “Apabila masjid bisa berkoordinasi satu sama lain dan bersinergi, maka kita bisa berharap ini menjadi sesuatu yang luar biasa,” ungkapnya.

Hal yang luar biasa dari koordinasi dan kerja sama antarmasjid tersebut diantaranya adalah mampu membuat masjid sebagai pengikat kebersamaan umat. Wabup berharap, rapat kerja PD PDMI menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemakmuran masjid.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia, Drs. H. Hawari Hamim, M.Pd, menyampaikan, menjadi tugas insan masjid untuk memkamurkan masjid berkaitan dengan tugas keorganisiasian dan sisi lainnya. Tugas dewan masjid, lanjut Hawari, memegang amanah untuk memakmurkan masjid ke depan.

“Saat ini dewan masjid memiliki peran yang strategis membangun sumber daya manusia dalam konteks hablumminallah dan hablumminannas. Kingin menjadikan masjid sebagai idola atau ikon masyarakat Jember,” imbuhnya. (*)