Kategori
Berita

Beri Semangat Satgas Pamtas, Bupati Jember Kunjungi Dua Pos Perbatasan RI – PNG

Spread the love
Bupati Jember, dr. Faida.MMR, bersama siswa siswi sekolah dasar di pos perbatasan RI – Papua New Guinea (PNG), Minggu (26/01/2020)

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Kunjungan kerja ke Tanah Papua, dalam rangka mempelajari kesiapan Mimika sebagai penyelenggara PON XX tahun 2020, guna persiapan Jember menjadi tuan rumah Porprov Jatim ke VII pada tahun 2021, dimanfaatkan oleh Bupati Faida untuk mengunjungi pasukan penjaga perbatasan RI – Papua New Guinea (PNG). Kunjungan Bupati Jember, dr. Faida.MMR, selama dua hari, minggu dan senin (26 & 27/01/2020) ini dilakukan di dua titik, yakni di Skouw, Kota Jayapura dan Pos Kout Arso Tami di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Kedatangan Bupati Faida di dua pos perbatasan yang didampingi Komandan Kodim 0824, Letkol Infanteri La Ode M Nurdin dan Kas Brigif Raider 9 Daraka Yudha Kostrad, Letkol Infanteri Arif Munawar itu, untuk memberi semangat kepada pasukan yang bertugas menjaga perbatasan RI-PNG. Pasukan pengaman perbatasan (Pamtas), yang bertugas selama 9 bulan, sejak bulan Agustus 2019 hingga April 2020 ini, berasal dari kesatrian di Jember, yakni Batalyon Infanteri Raider 509 Kostrad.

Selain mengamankan perbatasan, prajurit Yonif Raider 509 ini, juga menjalankan tugas lain, yakni membuka kelas atau sekolah untuk mendidik anak-anak Papua di perbatasan. Mereka juga mendirikan pos-pos kesehatan yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk berobat secara gratis.

Dalam kegiatan kunjungannya ke pos perbatasan itu Bupati Faida, menyatakan, bahwa mereka menjalankan tugas mulia untuk merah putih yang sangat membanggakan. Oleh karenanya, bupati selalu mendukung kegiatan Yonif Raider 509 Kostrad, salah satunya dengan menitipkan buku bacaan, obat- obatan dan bibit sayuran, yang dapat digunakan untuk misi sosial selama di perbatasan.

Bupati Faida juga akan menyambut kedatangan mereka pada bulan April 2020. Penyambutan kepulangan Satgas Pamtas ini akan dilakukan sebagaimana saat bupati ikut mengantar mereka ketika akan berangkat ke Papua pada Agustus 2019 lalu.

Di lain pihak, Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, menyambut hangat kehadirian Bupati Jember Faida, yang jauh-jauh datang dari Jember hanya untuk melihat 450 prajurit Yonif Raider 509 Kostrad, yang sedang bertugas di Pos Satgas Pamtas RI – PNG di Kabupaten Keerom. Bagi Wira Muharromah, kedatangan seorang kepala daerah di pos perbatasan merupakan baru pertama kali terjadi.

Selama ini, belum pernah ada seorang kepala daerah yang datang menjenguk satuan TNI yang sedang bertugas di perbatasan. Wira Muharromah juga menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Jember Faida, yang telah memberikan bantuan buku bacaan, obat-obatan dan bibit sayuran. Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi warga Papua di perbatasan, juga bagi prajurit yang sedang bertugas.

Bantuan obat-obatan langsung diserahkan ke pos-pos kesehatan, yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga Papua dan juga prajurit. Sedang untuk bantuan buku bacaan langsung diserahkan kepada perpusataan mini dan keliling.

Untuk bantuan bibit sayuran, langsung ditanam di sekitar pos penjagaan, yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan oleh Prajurit TNI yang sedang bertugas di perbatasan.(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *