Blangko Terbatas, Dispenduk Capil Prioritaskan Pencetakan KTP-el untuk Kalangan Pemula

Petugas Pendopo Ekspres Siap Menghantarkan KTP-el Langsung ke Masyarakat
Petugas Pendopo Ekspres Siap Menghantarkan KTP-el Langsung ke Masyarakat

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Pemberian kemudahan layanan kepada masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember. Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, pemberian layanan administrasi kependudukan (adminduk) dilakukan melalui juru antar, Pendopo Ekspres.

Layanan cepat yang telah dilaunching Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR ini untuk memudahkan masyarakat Jember mendapatkan layanan cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Masyarakat cukup menunggu di rumah karena KTP-el akan diantar langsung ke rumah pemohon oleh petugas Pendopo Ekspres.

Setiap hari Dispendukcapil Kabupaten Jember akan mendistribusikan KTP-el langsung ke masyatakat melalui Pendopo Ekspress. “Kami targetkan 200 KTP-el setiap hari dikirim melalui Pendopo Ekspres,” ujar Isnaini Dwi Susanti, SH, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Jember.

Selain didistribusikan melalui layanan Pendopo Ekspres, Dispendukcapil juga melakukan layanan distribusi KTP-el dengan jemput bola ke desa dan kelurahan untuk melayani masyarakat.

Mengenai pencetakan (KTP-el), untuk saat ini diprioritaskan bagi pemohon pemula. Ini dilakukan, karena ketersediaan blanko KTP-el untuk Kabupaten Jember terbatas.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Direktorat Jendral Dukcapil Kemendagri. “Prioritas pencetakan diutamakan untuk pemula,” tutur Isnaini.

Tercatat pada bulan Januari, Dispendukcapil Kabupaten Jember mendapat 17.000 lembar blanko KTP-el, dan pada 10 Januari mendapatkan 10.000 keping. Setelah dilakukan proses cetak, KTP-el didistribusikan kepada masyarakat.

Pendistribusiannya, selain dilakukan melalui loket Dispendukcapil, juga melalui layanan Pendopo Ekspres. “Tersisa 725 keping, dan mendapat tambahan 7.000 keping pada 31 Januari 2020,” jelas Isnaeni. (*).