Lima Perempuan Rawan Sosial Ekonomi Terima Bantuan dari Bupati Faida

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, memberi bantuan kepada perempuan rawan ekonomi dan sosial, di Kecamatan Kaliwates, Jumat (07/02/2020).
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, memberi bantuan kepada perempuan rawan ekonomi dan sosial, di Kecamatan Kaliwates, Jumat (07/02/2020).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Lima orang perempuan yang masuk dalam kategori rawan ekonomi dan sosial, menerima bantuan dari Bupati Jember, dr. Faida, MMR. Bantuan yang diserahkan di sela-sela pemberian bantuan lain kepada warga yang terdampak banjir di Kelurahan Mangli dan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, ini merupakan usulan yang disampaikan masyarakat.

“Bantuan stimulan ekonomi ini sebagai tindak lanjut dari usulan masyarakat yang masuk ke pendopo,” ungkap Bupati Faida, Jumat (07/02/2020).

Bantuan dari bupati yang diberikan kepada lima perempuan itu, diwujudkan dalam bentuk barang, etalase beserta bahan dagangannya. Kelima orang tersebut merupakan perempuan yang berdagang pisang goreng, penjual kue, dan es jus.

Selain lima perempuan tersebut, Dinas Sosial, Jember juga memberikan bantuan kepada perempuan lainnya. Total ada 12 perempuan yang mendapat bantuan melalui program Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) tersebut.

Perempuan penerima manfaat program itu tersebar di beberapa kecamatan. Diantaranya Sumberjambe, Sukowono, Silo, Pakusari, Sumbersari, Patrang, Kaliwates, Mumbulsari, Gumukmas, Jombang, dan Sumberbaru.

Terkait program bantuan untuk perempuan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Gatot Triyono, menjelaskan soal kriteria yang mesti dimiliki oleh setiap penerima manfaat program. Kriterianya adalah, perempuan yang berada di usia produktif dan memiliki cikal bakal usaha.

Bantuan yang diberikan berupa etalase berisi sembako dan mesin jahit beserta mesin obras. Etalase dan sembako diberikan untuk perempuan yang memiliki usaha rintisan berdagang. “Sedang mesin jahit dan obras diberikan kepada perempuan yang memiliki usaha rintisan jahit,” imbuh Gatot. (*)