Pesan Bupati Jember Kepada 155 Anggota PPK yang Dilantik, Jangan Kecewakan Kepercayaan Masyarakat

Pelantikan PPK se-Kabupaten Jember, di Hotel Aston, Jember, Sabtu (29/02/2020).
Pelantikan PPK se-Kabupaten Jember, di Hotel Aston, Jember, Sabtu (29/02/2020).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Sebanyak 155 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 31 kecamatan di Kabupaten Jember, dilantik. Anggota PPK yang dilantik ini akan menjalankan tugas pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember tahun 2020.

Bupati Jember, dr. Faida, MMR, yang hadir dalam acara itu berpesan, agar pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember tahun 2020, seluruh anggota PPK menjalankan tugas dengan tegak lurus. “Sikap tegak lurus itu mesti dijalankan karena PPK menjadi pihak yang mengusahakan demokrasi berjalan dengan adil. “Selebihnya biarkan masyarakat memilih,” jelas Bupati Faida, dalam sambutannya pada pelantikan PPK se-Kabupaten Jember, di Hotel Aston, Jember, Sabtu (29/02/2020).

Tanggung jawab yang diemban dan dijalankan PPK, kata bupati, merupakan kehormatan yang diberikan oleh negara. Karena itu, semua anggota PPK hendaknya menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. “PPK wajib menjalankan tugasnya dengan tegak lurus. Tidak lebih, tidak kurang,” tuturnya.

Disampaikan juga, agar 155 anggota PPK di 31 kecamatan yang dilantik tidak menyia-nyiakan kehormatan yang telah diterimanya. “Jangan kecewakan kepercayaan masyarakat, karena sejatinya kesejahteraan satu kabupaten/kota diawali dengan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara demokratis dan adil,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, bupati menyampaikan ucapan selamat kepada 155 anggota PPK yang dilantik. “Selamat bertugas. Jaga integritas kalian, jaga keadilan demi kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

PPK yang telah dilantik, lanjut Muhammad Syai’in, Ketua KPU Jember, sudah melalui proses pemilihan yang sangat panjang. Sebab itu, anggota PPK harus memegang penuh tugas dan tanggung jawabnya sesuai sumpah janji PPK.

“Yakni sebagai tonggak untuk melakukan sebuah kode etik perilaku dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020,” katanya.

PPK juga harus bisa menjaga integritas. Karena integritas dibangun dari konsistensi terhadap aturan yang sudah berlaku atas pelaksanaan pemilihan kedepan. “Maka bekerjasamalah sesuai ketentuan, tugas dan tanggungjawab,” katanya.

Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilihan KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, S.Sos, mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Jember, yang selama ini memfasilitasi pelaksanaan pemilihan bupati dan wabup tahun 2020. “KPU Jember dari sisi fasilitasi anggaran, berada diurutan ketiga tertinggi di Jawa Timur, dengan jumlah pemilih kurang lebih 1,8 juta, dan anggaran 82 milyar,” ungkap Gogot.

Disampaikan juga, bahwa pada tanggal 7 Maret 2020 akan ada launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember, yang dimeriahkan oleh Tiara Idol dan Bintang tamu lainnya. (*)