Diduga Akibat Rembesan Irigasi, Dapur Milik Penduduk dan Bangunan Bekas Gudang Terbawa Longsor

  • Whatsapp
Longsor di Desa Patemon, Tanggul, mengakibatkan dapur dan bangunan bekas gudang jatuh ke sungai
Longsor di Desa Patemon, Tanggul, mengakibatkan dapur dan bangunan bekas gudang milik warga setempat jatuh ke sungai

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Tingginya curah hujan yang mengguyur Kecamatan Tanggul dan sekitarnya sejak beberapa pekan belakangan telah mengakibatkan terjadinya longsor di Desa Patemon, Kecamatan Tanggul. Meski dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun setidaknya satu rumah dan bangunan bekas gudang terbawa longsor.

Rumah milik Sutrisno, warga Rt 05, Rw 01, Dusun Krajan 01, Desa Patemon, pada bagian dapurnya habis terbawa longsor. “Kajadiannya tadi sekitar pukul 15.30,” ujar Harsono Sekdes Patemon.

Longsor yang terjadi di pemukiman penduduk atau tepatnya di belakangan Yonif 515 Tanggul ini, merupakan yang kedua kalinya. Tahun 2017 lalu, lokasi tersebut pernah mengalami.

“Yang sekarang ini kira-kira hampir lima meter yang terbawa longsor,” tandas Harsono, di lokasi longsor, Selasa (17/03/2020).

Diduga, penyebab terjadinya longsor karena rembesan irigasi sawah yang berada di atasnya. Ini terlihat, pada tempat terjadinya longsor ada beberapa aliran air, layaknya sumber, yang cukup deras.

“Kalau ini tidak segera ditangani, dampak yang ditimbulkan di kemudian hari, jelas akan lebih besar. Bisa-bisa enam rumah yang ada di sekitarnya juga terbawa longsor,” ungkapnya.

Dari pihak pemerintah yang terlihat hadir di lokasi longsor, antara lain Camat Tanggul, M Ghozali, Kepala Desa Patemon, Karnadi, Babinsa Patemon, Teguh, anggota Koramil serta anggota BPBD dan jajarannya.(*).