Sampai Tanggal 20 Maret, Di Jember Tidak Ditemukan Pasien Positif Covid-19

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Masyarakat Kanupaten Jember patut bersyukur, dengan disertai harapan semoga keadaan yang seperti ini terus bertahan selamanya. Karena sampai pukul 13.00 WIB, hari Jumat, 20 Maret 2020, daerahnya dinyatakan aman dari virus corona baru atau Covid-19.

Di Kabupaten Jember tidak ditemukan satu pun warga yang positif terkena virus corona. Demikian rilis yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember terkait jumlah orang yang positif corona nihil.

Dari rilis tersebut diketahui, mereka yang masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 3 orang. Sedang untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 43.

Karena itu, sebagai upaya antisipasi terhadap penyebaran dan penularan convid-19, warga yang baru datang dari luar Jember, diimbau untuk segera melaporkan ke tenaga kesehatan setempat. “Situasi ini memang memerlukan kesadaran sendiri untuk bersama-sama menghadapi penyebaran virus,” ujar Gatot Triyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Jember.

Gatot juga menyampaikan apresiasi pemerintah atas antisipasi yang dilakukan Takmir Masjid Al Baitul Amien, Jember. Apresiasi ini disampaikan menyusul dilihatnya akun Al Baitul Amien Jember‎ di media sosial. @
Pada akun tersebut terlihat, usai digunakan untuk Sholat Jumat berjamaah, takmir (marbot) masjid Al Baitul Amien, membersihkan lantai masjid. “Merujuk petunjuk dari Kementerian Kesehatan RI dalam hal pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19 ), ba’da Sholat Jumat di Masjid Jami Jember Al Baitul Amien dilaksanakan pembesihan lantai,” tulis akun Al Baitul Amien Jember‎.

Dalam postingan itu juga terlihat foto seseorang sedang memegang alat pel. Beberapa orang juga terlihat membersihkan bekas perekat karpet. “Dan penggulungan karpet,” tulisnya.

Akun Al Baitul Amien Jember‎ juga mengimbau jamaah untuk membawa perlengkapan sholat sendiri. “Diimbau para jamaah membawa sajadah pribadi di saat shalat,” tutupnya.

Dari akun masjid Al Baitul Amien ini, Gatot berharap kepada seluruh takmir masjid maupun mushollah di Jember agar mengikuti langkah tersebut. (*).