Tidak Hanya Melakukan Isolasi, Pemkab Jember Juga Mengirimi Sembako untuk Keluarga ODP dan ODR

  • Whatsapp
Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember saat memberikan beras kepada keluarga yang diisolasi.
Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember saat memberikan beras kepada keluarga yang diisolasi.

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Langkah Pemerintah Kabupaten Jember dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, ternyata tidak hanya menyiapkan Jember Sport Garden (JSG) sebagai ruang isolasi bagi warga, terutama pendatang, yang masuk dalam kategori ODP (orang dalam pemantauan) dan ODR (orang dengan risiko). Selain menyiapkan ruang isolasi, Pemkab Jember juga menyiapkan kebutuhan bagi keluarga ODP dan ODR dengan mengirimi sembako.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Ir. M. Satuki, selama masa isolasi, keluarga ODP dan ODR mendapat kiriman kebutuhan pangan berupa beras 25,6 kilogram. Beras ini berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang diajukan Pemkab Jember ke Bulog dalam masa tanggap darurat bencana Covid-19.

“Tahap pertama ini untuk 21 kepala keluarga yang berasal dari sebelas kecamatan di Kabupaten Jember,” ungkap Satuki, Rabu (15/04/2020).

Pemberian bantuan kepada keluarga ODP dan ODR yang menjalani isolasi ini dilakukan dengan cara dikirim langsung ke rumah masing-masing. “Jadi yang dibantu keluarganya, langsung diantar ke rumah masing-masing, dan jika ada yang masuk lagi di JSG langsung diberikan pula bantuan ini ke keluarganya,” katanya.

Mengenai siapa saja yang harus menjalani isolasi, adalah warga yang setelah dilakukan pemeriksaan masuk dalam kategori ODP (orang dalam pemantauan) serta ODR (orang dengan risiko). Isolasi terutama diberlakukan bagi warga yang datang ke Jember, yang berdasarkan hasil pemeriksaan masuk dalam kategori ODP dan ODR. (*).