Siapkan 500 Bungkus Nasi Setiap Hari untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, ikut memasak makanan yang akan diberikan kepada warga terdampak Covid-19, di Dapur Umum Liposos, Kaliwates, Kamis (17/04/ 2020).
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, ikut memasak makanan yang akan diberikan kepada warga terdampak Covid-19, di Dapur Umum Liposos, Kaliwates, Kamis (17/04/ 2020).

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Dampak dari merebaknya corovirus disease (Covid-19), yang memaksa siapapun harus membatasi diri dalam berinteraksi, telah banyak memengaruhi kehidupan masyarakat. Mereka yang berpenghasilan kecil dan tidak tetap, semakin menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Dari kondisi yang seperti inilah, Pemkab Jember bersama Kodim 0824 Jember dan Polres Jember berkolaborasi membuat dapur umum untuk menyediakan makanan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Dapur umum yang didirikan di lahan samping gedung Liposos di Kecamatan Kaliwates itu, setiap hari memasak makanan sebanyak 500 bungkus.

Makanan untuk makan siang itu dibagikan di beberapa lokasi warga yang terdampak wabah Covid-19. “Seperti tukang becak dan pedagang kaki lima. Serta mereka yang hari ini terpaksa keluar rumah untuk mencari nafkah, supaya dapat membantu meringankan serta menghibur mereka,” ujar Bupati Jember, dr. Faida, MMR, kepada wartawan, Jumat (17/04/ 2020).

Bahan untuk membuat makanan itu dibeli bersama di Pasar Tanjung, dan diolah secara bersama pula di dapur umum. Dinas Sosial sendiri, selain menyiapkan makanan dari dapur umum, juga melayani makan tiga kali sehari untuk masyarakat yang diisolasi di Jember Sport Garden (JSG).

“Juga membagikan sembako untuk  masyarakat yang terdampak akibat covid-19, dan diantar langsung ke rumah mereka satu per satu,” jelasnya,

Terkait pelayanan sosial ini, Dandim 0824, Letkol Inf La Ode M.Nurdin, menjelaskan, pembagian makanan dilakukan di tempat-tempat umum yang ada tukang becak serta beberapa lokasi yang terdapat masyarakat tidak mampu. “Mereka mendapat bantuan, baik sembako, maupun makan siang gratis,” terangnya.

Pembagian juga dilakukan di beberapa tempat lainnya, sesuai koordinasi dengan beberapa tim lainnya di lapangan. “Kita saling mendukung, saling menjaga, saling peduli, sehingga kita sama-sama melawan covid-19,” tambah Dandim. (*).