PDAM Jember Beri Diskon 50 Persen untuk Pelanggannya yang Terdampak Covid-19

  • Whatsapp

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Sebagai wujud kepedulian terhadap tingkat kesulitan yang d)hadapi masyarakat saat ini, PDAM Jember menggratiskan biaya pemakaian air bagi pelanggan yang terdampak wabah Covid-19. Kebijakan ini ditempuh dengan memberikan diskon sebesar 50 persen dan obral voucher untuk pelanggannya.

Program penggratisan dan diskon yang menjadi kebijakan direksi tersebut diberlakukan berdasar golongan rumah tangga pelanggan. Pertama, golongan Sosial IA, Sosial IB, Sosial IIA, dan Sosial IIB.

“Golongan ini meliputi tempat ibadah, sekolah, kran umum, WC umum, panti asuhan, pondok pesantren, yayasan, sekolah, dan perguruan tinggi. Pelanggan dalam golongan ini mendapat penggratisan biaya pemakaian air,” jelas Sapta Nugroho, SE, Humas PDAM Jember, kepada sejumlah wartawan, Rabu (22/04/2020).

Kedua, golongan RT 1 IIC. Kelompok pelanggan ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah. Mereka mendapat diskon sebesar lima puluh persen. “Jadi untuk masyarakat Jember yang termasuk golongan tersebut akan mendapatkan pembayaran rekening air secara gratis, atau diskon sebesar lima puluh persen,”  ungkap Sapta.

Sapta menjelaskan, program tersebut berlaku untuk rekening bulan April, yang dibayarkan pada bulan Mei 2020. Program yang dijalankan untuk bulan April ini akan dievaluasi.

Ada kemungkinan penambahan waktu pelaksanaan program kepedulian kepada pelanggan itu. Soal kelanjutan program tersebut, kata Sapta, itu menjadi perhatian direksi.

Dalam hal pelayanan masyarakat, PDAM Jember tidak hanya menggratiskan pelanggan di golongan sosial dan masyarakat berpenghasilan rendah saja. PDAM juga memberikan stimulus bagi pelanggan yang taat membayar rekeningnya.

“Termasuk bantuan kupon pembelian Hazora senilai lima belas ribu,” ungkapnya. Kupon ini diberikan kepada pelanggan yang membayar rekening airnya mulai tanggal 1 sampai 10 di bulan Mei nanti.

Obral voucher ini untuk mengetahui kedisiplinan dan mengedukasi pelanggan dalam taat membayar kewajibannya. “Sehingga ada dampak positif kepada pelanggan. Dengan voucher ini, perusahaan memberikan perhatian kepada masyarakat,” jelasnya.

Untuk mendapatkan kupon air minum kemasan gelas ini, pelanggan memberikan bukti pembayaran rekening airnya. Palanggan akan mendapatkan satu dus air minum kemasan gelas.

Selain sebagai bentuk perhatian kepada pelanggan, lanjutnya, kupon tersebut juga menjadi wujud upaya mencintai produk lokal. “Sepuluh ribu voucher sudah disediakan untuk pelanggan yang membayar tagihan tepat waktu,” tandasnya.

Hazora merupakan air minum kemasan yang diproduksi oleh PDAM Jember melalui anak perusahaannya. “Serta lebih merasakan kenikmatan produk lokal,” tutupnya.(*)