Sebagai Wujud Apresiasi, Pemerintah Bantu Pekerja Seni Rp 1 Juta Per Orang

  • Whatsapp
Salah satu pekerja seni di Jember yang mendapat bantuan Rp 1 juta dari pemerintah
Salah satu pekerja seni di Jember yang mendapat bantuan Rp 1 juta dari pemerintah

LONTARNEWS COM. I. Jember – Sebagai wujud apresiasi kepada para seniman, Pemerintah Kabupaten Jember mengantarkan tali asih untuk para seniman. Pemberian tali asih kepada para seniman melalui Pendopo Ekspres ini, sesuai surat Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Timur nomor 431/2130/118.2/2020 tanggal 23 April 2020.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin secara bergilir dan berkelanjutan untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku atau insan seni budaya tradisi dan modern,” terang Dannie Alcholin, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Selasa (12/05/2020).

Apresiasi ini juga sebagai wujud perhatian untuk menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi dan mendorong interaksi guna memperkuat kebudayaan inklusif. Ini bertujuan untuk mendukung program pengembangan pariwisata Kabupaten Jember sesuai 22 Janji Kerja Bupati Jember.

Untuk tahun 2020 ini, tali asih bagi kalangan seniman berupa uang pembinaan Rp. 1 juta. Bantuan tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing seniman penerima apresiasi.

Mereka juga mendapatkan paket sembako. Penyerahan diantar dengan Pendopo Express ke rumah masing-masing,” ungkap Dannie.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi, kreatifitas, dan produktifitas masyarakat Jember terhadap jenis, ragam, bentuk, keunikan, dan kekayaan seni budaya Kabupaten Jember. Selain juga diharapkan, menumbuhkan minat generasi muda untuk lebih mengenal, memahami, dan menghargai seni dan budaya bangsa sendiri.

Dannie berharap hal ini dapat mengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya. Sert dapat mewujudkan masyarakat Jember yang literat dan peka seni budaya. (*)