Difabel dengan Kondisi Cacat Berat Dibantu Rp 2,4 Juta Per Orang

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, dalam acara penyaluran bantuan, Sabtu (23/05/2020)
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, dalam acara penyaluran bantuan, Sabtu (23/05/2020)

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Bantuan untuk masyarakat terus dikucurkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember. Itu utamanya untuk mereka yang yang kurang beruntung, usia lanjut serta mereka yang tidak memiliki kesempurnaan pisik.

Terkini, bantuan diberikan kepada anak difabel dengan kondisi cacat berat dan lansia kondisi lumpuh. Bantuan diserahkan langsung kepada keluarga yang merawat.

“Mereka memerlukan ekstra dukungan, karena keluarga sudah mandiri merawat,” kata Bupati Jember, dr. Faida, MMR, di sela-sela acara penyaluran bantuan, Sabtu (23/05/2020)

Bantuan itu menurut bupati, berasal dari belanja tidak terduga atau BTT di APBD Kabupaten Jember tahun anggaran 2020. Sebagaimana diketahui, BTT untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp. 479,4 miliar.

Anggaran ini digunakan dalam beberapa program. Salah satunya untuk lansia dan difabel ini. “Hampir sekitar 200 keluarga yang merawat lansia dan anak-anak cacat berat. Hari ini kami antarkan ke rumah, sambil melihat kondisi dan mencocokkan apa yang mereka butuhkan,” ungkap bupati.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, diapers, dan uang tunai sejumlah total Rp. 2,4 juta untuk keperluan bulanan bagi masing-masing anak cacat berat dan lansia lumpuh.

Selain mendapat bantuan sembako dan uang tunai, mereka juga mendapatkan bantuan BPJS Kesehatan gratis. Keluarga mereka juga ikut terdukung oleh BPJS Kesehatan. “Dari sebagian yang saya cek, sudah dapat alat bantu jalan, tongkat, kursi roda,” ujar bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa sebelumnya telah mendistribusikan bantuan serupa melalui kecamatan, kelurahan dan desa. Bantuan itu doberikan kepada 3 kelompok, yaitu keluarga lansia, difabel, dan duafa yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.(*).